JAKARTA, HOLOPIS.COMKabag Operasional Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Dermawan Karosekali menyampaikan, bahwa saat ini akses di Jalan Medan Merdeka Barat dari kantor Indosat sampai Istana Negara Jakarta kedua arah akan ditutup oleh Kepolisian dari Polda Metro Jaya.

Penutupan akses lalu lintas tersebut adalah bentuk dari imbas rencana aksi unjuk rasa elemen buruh yang akan menyampaikan pendapat dan aspirasinya di sekitar Patung Kuda.

“Untuk jalan ke arah Medan Merdeka Barat dilakukan penutupan, karena sebentar lagi akan ada aksi menyampaikan pendapat dari buruh,” kata AKBP Karosekali, Kamis (12/5).

Ia pun mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan lainnya yang ingin melintas di Jalan Medan Merdeka Barat, agar mencari jalur alternatif lain.

“Oleh sebab itu warga masyarakat kami yang akan melintas di Medan Merdeka Barat sebaiknya mencari jalur alternatif lain,” pungkasnya.

Dan saat ini, arus lalu lintas dari Jalan Gadjah Mada menuju Jalan Madjapahit pun sudah ditutup. Masyarakat yang melintas diarahkan ke Jalan Veteran hingga ke Pasar Baru. Sementara di Jalan Veteran yang hendak masuk ke Jalan Medan Merdaka Utara pun juga ditutup.

Rencananya, elemen massa dari Partai Buruh akan menggela aksi unjuk rasa di sekitar Istana Negara Jakarta. Aksi yang digelar hari ini masih menjadi rangkaian kegiatan peringatan hari buruh internasional alias May Day Fiesta 2022.

Menurut keterangan dari Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, bahwa massa yang akan dipimpin oleh Said Iqbal itu akan memasuki lokasi aksi di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha pada pukul 13.00 WIB.

“Iya ini lanjutan May Day kemarin,” kata Endra Zulpan kepada wartawan hari ini.