JAKARTA, HOLOPIS.COM Ratusan petugas kebersihan dikerahkan Taman Impian Jaya Ancol, untuk membersihkan kawasan wisata pantai di Jakarta Utara. Sampah yang dikumpulkan dari seluruh area Ancol setiap harinya, mencapai 90 meter kubik.

“Tenaga kebersihan itu total 120 orang. Kalau data sampah itu dalam pekan libur Lebaran ini ada di sekitar 90 m3 per hari,” kata Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho (7/5).

Total sampah tersebut, lebih banyak dari sebelum masa libur Lebaran dimana aktivitas di wilayah Ancol tidak sepadat saat libur Lebaran.

Selain itu, para pengunjung Ancol juga diharapkan bisa memilah sendiri sampah-sampahnya sebelum dibuang ke tempat sampah agar petugas bisa mudah melakukan pengelolaan sampah. Sehingga, lingkungan wisata Ancol tetap bersih dan sehat.

Eko menjelaskan ada dua jenis klasifikasi sampah, pertama sampah organik (daun, ranting dan dahan) dan kedua sampah anorganik (plastik).

“Tong sampah sudah kami sebar di seluruh area dengan pemisahan antara sampah organik dan anorganik. Kami berharap wisatawan juga mau bersama-sama memilah sampahnya sebelum dibuang,” jelas Eko.

Para pengunjung juga diimbau, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena, bisa mencemari lingkungan dan berdampak kepada biota laut.

“Kami imbau wisatawan juga taat dan sadar agar jangan membuang sampah sembarangan,” tutur dia.