JAKARTA,  HOLOPIS.COM Pemesanan tiket kapal ferry akan dilakukan melalui sistem online melalui aplikasi Ferizy. Hal tersebut dilakukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pelayaran, PT ASDP Indonesia Ferry, untuk memastikan jadwal, kapasitas penumpang dengan daya angkut kapal, mencegah praktik percaloan hingga memastikan data penumpang sesuai dengan manifest perjalanan.

“Berbeda dengan jalan tol yang tidak membutuhkan (manifest) itu. Kalau di kami itu, harus ada manifest sehingga data identitas akurat,” ucap Direktur Utama ASDP Indonesia, Ira Puspadewi, Senin (9/5).

Dijelaskan Ira, sebelum melakukan perjalanan penumpang harus mengisi data secara lengkap di aplikasi Ferizy. Dengan begitu, penumpang tidak perlu lagi mengantri di loket untuk mengisi data.

Penumpang juga akan lebih nyaman menikmati perjalanan karena bisa menunggu sesuai dengan jadwal perjalanan pada aplikasi.

Hadirnya aplikasi ini, juga bisa mencegah adanya praktik percaloan di pelabuhan dan jumlah penumpang diatas kapal juga sesuai dengan kapasitasnya.

“Ferizy ini untuk mengatur volume dan demand serta kapasitas muatan kapal yang akan tercukupi,” ungkapnya.

Untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik, aplikasi ini juga sudah langsung terhubung dengan aplikasi PeduliLindungi.

Untuk mendapatkan aplikasi Ferizy, bisa diunduh melalui Google Playstore dan juga Appstore. Untuk pembelian tiket, bisa dilakukan H-60 sebelum jadwal keberangkatan.