BOGOR, HOLOPIS.COMWali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto memberikan izin kepada para pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH).

“Untuk ASN diatur oleh sekretariat supaya masih WFH,” kata Bima Arya di Balai Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (9/5).

Izin tersebut diberikan setidaknya dalam sepekan ke depan. Namun ia tetap meminta agar manajemen tetap diatur sebaik mungkin, sehingga pelayanan publik tidak terganggu.

“Untuk saty minggu ke depan, tidak ada masalah, semua bisa diatur,” ujarnya.

Hal ini menyusul tentang kebijakan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo yang memberikan lampu hijau terhadap usulan Kapolri Jenderak Polisi Listyo Sigit Prabowo agar memberikan kesempatan untuk ASN melakukan WFH pasca ketetapan libur lebaran 2022.

“Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan,” ujar Tjahjo Kumolo dikutip dari laman KemenPAN RB, Jumat (6/5).

Kebijakan ini diambil untuk membantu Kepolisian mengurai lalu lintas arus balik lebaran tahun ini.

Bagi Tjahjo, kebijakan WFH bagi ASN tidak akan mengganggu pelayanan dan urusan administrasi layanan pemerintah. Karena sekarang instansi pemerintah sudah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang membuat ASN dapat menerapkan sistem WFH. Sehingga, ASN bisa bekerja tanpa batas ruang dan fleksibel menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang telah digunakan saat ini.