JAKARTA, HOLOPIS.COM – Meski tak diizinkan menggelar peringatan May Day Fiesta 2022 di Istora, buruh tetap melakukan aksinya. Tempat yang dipilih untuk melaksanakan acara pada 14 Mei 2022 itu di dua tempat yakni DPR dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengatakan pihaknya telah mendapatkan izin langsung dari Direktur Utama GBK, Rakhmadi Afif Kusumo untuk menggunakan Stadion Utama.

“Sudah dapat izin 2 hari yang lalu. Izin langsung dari Dirut pengelola Kompleks GBK bapak Rakhmadi. Beliau menelpon saya katanya ‘oke setuju’ bahwa Stadion Utama GBK Senayan boleh dan diizinkan digunakan buruh untuk acara May Day Fiesta 14 Mei, Senin (9/5).

“Tetapi hanya di tribun nggak boleh di lapangan bolanya. Nanti di lintasan atletiknya ada panggung. Selebihnya seluruh buruh di tribun,” ungkap Said.

Said mengungkapkan, izin ini diberikan karena dibantu oleh Sekretariat Negara, di mana pihak buruh telah mengirim surat izin langsung. Pertimbangan menggunakan Stadion Utama GBK ini karena bisa menampung jumlah massa 50 ribu lebih.

“Setelah sebelumnya Istora dan JIS sudah diizinkan tetapi jumlah massanya 50 ribu lebih tidak muat, mobilisasi DPR terdekat maka pilihannya GBK dan sudah diizinkan langsung oleh dirutnya,” tuturnya.

“Pemberian izin stadion utama GBK Senayan atas bantuan yang difasilitasi oleh Setneg, Mabes Polri dan Polda Metro Jaya demi keamanan dan ketertiban acara yang dihadiri lebih dari 50 ribu buruh,” lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya buruh berencana akan menggelar May Day Fiesta di Istora Senayan pada 14 Mei 2022. Namun, pada Jumat lalu pihak manajemen GBK sempat memberikan rilis bahwa pada 14 Mei kawasan GBK khususnya Istora Senayan tidak bisa digunakan karena masih proses pemeliharaan.

Tidak hanya itu, manajemen GBK juga mengungkap bahwa tidak ada reservasi atau izin untuk Hari Buruh di tanggal tersebut.