Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cegah Kecelakaan saat Arus Balik, Kakorlantas Imbau Pemudik Siapkan Stamina

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi mengimbau pemudik untuk mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini guna meminimalisir risiko kecelakaan pada arus balik Lebaran mendatang.

“Siapkan stamina. Pastikan kesehatan prima, pastikan kendaraan tidak bermasalah. Karena sehat dan tidak lelah adalah mutlak syarat utama dalam berlalu lintas,” ujar Firman, Rabu (4/5).

Firman mengatakan, mayoritas penyebab kecelakaan terjadi akibat kondisi kesehatan pengemudi yang kurang prima. Sebab, faktor kesehatan tersebut dinilai sangat berpengaruh dengan konsentrasi ketika berkendara.

“Bagi pengendara yang lelah atau mengantuk, jangan lupa istirahat karena yang terpenting adalah keselamatan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Firman juga meminta agar para pengendara untuk memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan sebelum mudik. Langkah sederhana yang kerap terabaikan itu menurutnya penting guna meminimalisir kemacetan maupun kecelakaan akibat kelalaian pengemudi.

“Pastikan kembali kondisi kendaraan yang anda gunakan, seperti cek mesin, tekanan ban, dan kelengkapan lainnya. Sehingga kondisi kendaraan layak jalan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah meminta pemudik untuk pulang dari kampung halaman lebih awal sebelum puncak arus balik Lebaran yang diprediksi terjadi pada 6 sampai 8 Mei 2022.

Dia menyebut hal itu perlu dilakukan demi menghindari kepadatan di perjalanan.

“Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan,” ujarnya, Selasa (3/5).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru