Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ancaman Siber Naik 22 Persen, Indonesia Jadi Negara Paling Rentan di Asia

JAKARTA, HOLOPIS.COM Ancaman online atau siber terus membayangi Indonesia di tengah gempuran era digital saat ini. Tercatat, ancaman siber yang menyebar melalui internet pada kuartal pertama tahun 2022 meningkat sebesar 22 persen dibanding tahun sebelumnya.

Melansir dari laman Kaspersky, perusahaan keamanan internet itu telah mendeteksi dan memblokir 11.802.558 ancaman yang menyerang komputer pengguna Kaspersky Security Network (KSN) di Indonesia.

Angka tersebut jauh lebih besar dibanding ancaman yang terjadi pada periode yang sama di tahun sebelumnya, yakni pada kuartal pertama tahun 2021 lalu yang hanya sebesar 9.639.740 ancaman.

Angka tersebut membawa indonesia menempati peringkat pertama negara dengan jumlah ancaman siber terbanyak di Asia, Sementara di pada lingkup global, Indonesia menempati urutan ke-60.

Berdasarkan data yang disajikan Kaspersky, ancaman siber yang menyerang para partisipan KSN di Tanah Air merupakan ancaman lokal atau ancaman yang datang dari dalam negeri.

General Manager Kaspersky untuk Asia, Yeo Siang Tiong mengatakan, peningkatan ancaman siber itu terjadi seiring dengan meningkatnya penggunaan media penyimpanan awan atau cloud yang berbasis pada penggunaan jaringan internet.

Selain itu, ancaman siber yang meningkat juga terjadi seiring dengan peningkatan tren transaksi secara online, seperti transaksi di toko online atau marketplace, Crypto, Non Fungible-Token (NFT) hingga penggunaan dunia metaverse yang saat ini banyak digandrungi oleh para kawula muda.

“Tren ini juga harus disambut dengan kewaspadaan dari semua pihak yang terlibat, karena para pelaku selalu menggu tren berikutnya untuk dieksploitasi,” kata Tiong.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru