Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Polda Metro Prediksi Arus Balik Lebaran Mulai Jumat Mendatang

JAKARTA, HOLOPIS.COMPolda Metro Jaya memprediksi arus balik mudik lebaran tahun 2022 ini akan berlangsung mulai Jumat (6/5) mendatang.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo mengatakan, sebagian besar pemudik akan masuk melalui gerbang tol Halim.

“Uniknya arus balik ini semuanya bermuara di Jakarta, dan kita tahu bahwa muaranya itu di Gerbang Tol Halim. Halim ini kan gerbangnya sedikit, belum lagi nanti kalau ada one way, nanti yang sebelah kanan itu akan dipakai masuk ke Jakarta,” kata Sambodo (2/5).

Dengan prediksi kepadatan yang akan terjadi di Gerbang Tol Halim, Sambodo mengatakan, bahwa pihaknya menyiapkan antisipasi kepadatan yang akan terjadi saat arus balik tersebut.

“Tentu nanti ada rekayasa lalu lintas dilaksanakan di Halim. Kita sudah menyiapkan cara bertindak dan alternatifnya sehingga mudah-mudahan kita bisa mengelola kemacetan. Kemacetan pasti karena ada penumpukan volume kendaraan yang luar biasa,” terangnya.

Antisipasi tersebut, dijelaskan Sambodo, mulai dari penerapan one way pada tanggal 6 hingga 9 Mei mendatang. Untuk sosialisasi, Polda Metro akan memanfaatkan media brosur maupun flyer yang akan dibagikan ke para pengendara.

“One way orang Jakarta yang mau bepergian ke Bandung itu lewatnya mana, karena one way-nya dari Semarang ke Jakarta, nanti kita berikan jalur alternatifnya, bisa lewat Cibubur, Cileungsi, Jonggol, Puncak, Bogor, Sukabumi, Bekasi, Karawang, Purwakarta,” terangnya.

Sambodo kemudian berharap, langkah antisipasi yang telah dipersiapkan tersebut bisa mengurai kepadatan lalu lintas saat arus balik nanti.

“Nanti jauh hari kita akan berikan solusi. Mudah-mudahan antara kita memberikan kesempatan bagi para pemudik yang akan kembali ke Jakarta dengan warga Jakarta yang ingin bepergian semuanya kita atur dengan baik,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru