Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Saat Mudik Lebaran

JAKARTA, HOLOPIS.COM Bagi Sobat Holopis yang saat ini tengah mudik di kampung halaman, rasanya tak lengkap jika tidak berkunjung dan menikmati destinasi wisata bersama keluarga.

Di setiap momen Lebaran tiap tahunnya, Jawa Tengah selalu menjadi destinasi mudik dari berbagai daerah. Berdasarkan survei, ada sekitar 23,5 juta orang akan mudik ke wilayah Jawa Tengah pada Lebaran tahun ini.

Terlebih Kota Semarang yang selalu menjadi destinasi wisata menarik bagi para pemudik untuk dikunjungi saat libur Lebaran, mulai dari Masjid Agung Jawa Tengah hingga Simpang Lima.

Berikut ini 7 rekomendasi wisata dari Holopis.com yang cocok untuk dikunjungi selama mudik Lebaran di Semarang :

1. Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan salah satu bangunan yang menjadi ikon dari Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi.

Masjid ini dibangun sejak tahun 2001 dan selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid yang berdiri di atas lahan 10 hektare ini memiliki desain bangunan yang cantik, karena memliki gaya arsitektur dari hasil akulturasi 3 budaya, yakni Arab, Roma dan Jawa.

Selain itu, Masjid Agung ini juga punya menara setinggi 99 meter yang diberi nama Menara Asmaul Husna. Melalui menara tersebut Sobat Holopis dapat melihat keindahan Kota Semarang dari atas.

2. Kota Lama
Siapa sih yang tak kenal dengan tempat wisata yang satu ini. kawasan Kota Lama ini sudah menjadi wisata populer di Semarang, karena memiliki bangunan-bangunan tua yang cantik dan menawan sehingga dapat membawa kita serasa kembali ke masa kolonial.

Untuk Sobat ketahui, di Kawasan ini terdapat Gereja Blenduk dan Taman Srigunting yang menjadi tempat tongkrongan anak muda. Selain itu disudut-sudut kawasan ini juga cocok untuk tempat berfoto yang instagramable.

3. Gereja Blenduk
Gereja Blenduk Semarang merupakan Gereja Belanda yang dibangun pada tahun 1753 silam. Lokasi bangunan ini berada di Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dan bernama Gereja GPIB Immanuel.

Bentuk dan gaya arsitekturnya yang unik, gereja ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Lama.

4. Lawang Sewu
Lawang Sewu atau yang dalam bahasa Indonesianya Pintu Seribu adalah salah satu Landmark Kota Semarang yang memiliki nilai sejarah tinggi. Bangunan Lawang Sewu ini dulunya merupakan stasiun kereta api, yang kemudian dialihfungsikan menjadi penjara ketika zaman pendudukan Jepang.

Ketika dialihfungsikan menjadi penjara, terdapat banyak pembantaian yang dilakukan oleh tentara Jepang. Oleh karena itu, Lawang Sewu dikenal sebagai tempat wisata yang angker.

5. Kampung Pelangi
Kampung Pelangi adalah sebuah permukiman penduduk yang memiliki warna-warni cantik. Kampung Pelangi ini terletak tak jauh dari Lawang Sewu dan Tugu Muda.

Di sini, kamu bisa berfoto dengan rumah-rumah yang sudah dicat dengan warna yang bervariasi.

6. Klenteng Sam Poo Kong
Klenteng Sam Poo Kong bisa menjadi satu destinasi yang tak boleh kamu lewatkan ketika mengunjungi Semarang. Lokasi klenteng yang saat ini sudah dialihfungsikan menjadi tempat wisata tak jauh dari Kampung Pelangi.

Bangunan klenteng ini memiliki corak warna merah dan patung-patung khas negeri Tiongkok, sehingga memberikan sensasi Sobat Holopis sedang berada di negeri seribu bambu tersebut. Klenteng Sam Poo Kong juga punya banyak spot yang Instagramable.

7. Simpang Lima
Simpang lima dikenal sebagai landmark Kota Semarang. Di tengah persimpangan jalan yang berjumlah lima, terdapat lapangan yang sangat luas, Sobat Holopis bisa mengunjungi Simpang Lima ketika malam hari.

Di sini, Sobat Holopis bisa mencoba sepatu roda, kereta kencana, sepeda gandeng yang banyak disewakan di kawasan ini. Sobat Holopis juga dapat mencoba wisata kuliner yang ada di sekitar Simpang Lima Semarang ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru