Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Tips Cegah Kolestrol Naik Saat Lebaran

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Umat muslim saat ini tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri setelah menjalani puasa kurang lebih 30 Hari. Berbagai sajian lezat pun dihidangkan pada momen lebaran.

Sayangnya, makanan khas lebaran tersebut justru bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh kita naik, apalagi jika Anda tidak mampu menahan diri dari godaan makanan bersantan.

Kenapa sih kita harus menjaga kadar kolesterol tetap normal? Sebab, jika kolesterol kita naik saat lebaran, bukan hanya bisa merusak momen kemenangan dan kebahagiaan Anda di hari lebaran, tapi kolesterol tinggi dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan serangan jantung hingga stroke.

Ada beberapa menu sajian lebaran yang bisa memicu kelonjakan kadar kolesterol, antara lain rendang, sayur ketupat lebaran, opor ayam, dan aneka kue kering. Semua sajian khas lebaran ini tetap bisa disantap, asal jangan berlebihan.

Berikut cara mudah untuk membantu mencegah ataupun mengurangi kadar kolesterol saat lebaran:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat puasa satu bulan penuh telah usai, tentu perasaan lupa diri akan mendorong Anda untuk menyantap semua makanan tanpa ampun. Jika seperti itu, niat untuk memuaskan diri malah jadi bencana bagi kondisi kesehatan Anda.

Agar bisa mencegah kolesterol naik saat lebaran, biasakan untuk perbanyak minum air putih sebelum memakan sesuatu di hari lebaran. Minum sekitar 1-2 gelas sebelum makan ternyata bisa membuat perut terasa kenyang. cara tersebut juga mampu menekan dan mencegah keinginan makan berlebih.

2. Mengonsumsi makanan berserat

Mengutip dari Cleveland Clinic, makanan berserat tinggi bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga cara ini mampu mencegah keinginan makan banyak di lain waktu. Selain itu, makanan tinggi serat juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Terhitung 5-10 gram serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen. Serat bekerja dengan cara mengikat kolesterol di usus halus agar lebih mudah dikeluarkan dan diserap ke dalam aliran darah.

Jadi, selain menu aneka santan yang menjadi makanan khas lebaran, Anda juga perlu menyiapkan bebeapa hidangan berserat tinggi seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, coklat hitam, ubi jalar, ikan atau ubi jalar.

3. Makan tepat waktu

Hindari makan berkali-kali dalam sehari dengan tujuan untuk mencegah kolesterol naik. Caranya, Anda harus makan sesuai pada jam makan yang telah ditentukan sebelumnya. Ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa lapar dan mengidam yang tidak jelas.

4. Perbanyak makan buah dan sayur segar

Tujuan dari makan buah dan sayuran segar adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Jadi, setelah seharian makan makanan tinggi lemak dan karbohidrat, Anda bisa detoks seluruh makanan tersebut dengan buah ataupun sayuran segar.

Buah dan sayur juga akan membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh. Mereka juga memiliki peran penting dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula darah, hingga kadar kolesterol tubuh.

Untuk itu, setelah santap makanan lebaran jangan lupa untuk langsung mencari buah atau sayuran segar sebagai pengganti camilan yang menyehatkan.

5. Banyak Begerak

Jangan biarkan tubuh Anda lemas dan mengantuk sehabis makan banyak di hari lebaran. Untuk mencegah dan menurunkan kolesterol, Anda perlu bergerak agar membakar lemak di dalam tubuh.

Tidak perlu berolahraga berat kok, cukup bersih-bersih rumah setelah kunjungan silahturahmi. Anda bisa mengerjakan pekerjaan di rumah seperti, menyapu, mengepel, mencuci piring, menata perabotan rumah sambil mengelap meja yang kotor. Jika masih ada waktu, boleh juga lakukan jogging atau berjalan kaki mengitari komplek selama 20 hingga 45 menit.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru