Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Makanan Khas Semarang, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Mudik Lebaran

JAKARTA, HOLOPIS.COMBagi Sobat Holopis yang mudik ke kampung halaman di Kota Semarang, rasanya kurang lengkap jika tak membeli makanan khas kota Atlas itu untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika menyebut makanan khas Semarang, yang pertama kali terbesit dalam pikiran adalah lumpia Semarang. Padahal, Kota Semarang sendiri mempunyai makanan khas nan unik lainnya yang patut Sobat Holopis coba.

Berikut ini 5 makanan khas Semarang yang bisa Sobat Holopis beli untuk oleh-oleh maupun untuk dikonsumsi sendiri :

1. Lumpia Semarang
Lumpia merupakan camilan gorengan yang dibalut kulit lumpia dari tepung beras yang berisi rebung, telur orak-arik, dan irisan ayam atau udang.

Makanan ini memiliki tekstur yang crispy atau renyah di luar, namun tekstur di dalamnya sangat lembut. Lumpia biasanya disajikan dengan saus atau cabai yang menambah rasa dan nikmat.

Ada beberapa lumpia legendaris seperti Lumpia Cik Me Me, Lumpia Mbak Lien, dan lain-lain. Lumpia juga dapat ditemui hampir di semua tempat makan maupun pedagang kaki lima di Semarang.

2. Kue Mochi atau Moaci
Kuliner khas yang satu ini masuk dalam kategori kue mochi yang sebenarnya terinspirasi dari jajanan khas negara Jepang. Bentuk dari jajanan ini menyerupai bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan, berwarna putih, lembap, yang di dalamnya berisi gula aren serta kacang lembut.

Jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal karena terbuat dari tepung ketan, rasanya pun manis dan ringan saat dimakan. Hal yang membedakan moaci Semarang dengan mochi lainnya adalah taburan wijen di kulit moaci.

Ada beberapa merek moaci Semarang, salah satu yang paling favorit adalah Moaci Gemini. Moaci merek ini paling banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Semarang.

3. Bandeng Presto
Makanan khas Semarang lainnya yakni bandeng presto. Kuliner memiliki cita rasa gurih dan renyah.

Kuliner Bandeng presto ini terdiri dari bandeng tanpa tulang yang dimasak dalam daun pisang dengan dibumbui kunyit, bawang putih, dan garam.

Cara memasaknya secara pressure-cooked, yaitu dimasak dalam panci bersuhu tinggi untuk menghasilkan ikan yang empuk dan bumbu meresap sempurna. Kamu akan menikmati daging dan duri ikan yang melunak, sehingga aman untuk dimakan

4. Wingko Babat
Camilan manis populer dari Semarang lainnya adalah wingko babat. Wingko babat adalah sejenis kue bundar yang terbuat dari kelapa parut, gula pasir, ketan, santan. Campuran tersebut kemudian dipanggang dan dipotong kecil-kecil.

WIngko babat bisa menjadi pilihan makanan ringan yang mengganjal perut. Memiliki rasa lezat dan tahan lama. Kamu bisa coba membeli wingko babat yang populer di Semarang, seperti WIngko Babat cap Kereta Api, dan Wingko Babat Tiga Kelapa Muda.

5. Kue Sarang Madu
Kue ini merupakan camilan tradisional kuno yang telah sudah ada di Semarang sejak beberapa abad lalu. Namun hingga saat ini, camilan yang satu ini masih eksis menjadi oleh-oleh yang lezat.

Kue ini memiliki bentuk yang tak beraturan, membuat sebagian orang mengenalnya sebagai kue sarang burung. Rasa yang dihasilkan camilan yang satu ini gurih dengan tekstur renyah.

Bahan dasar kue sarang madu terdiri dari tepung beras, santan, dan bumbu tertentu. Biasanya disajikan dengan lumuran cairan gula atau madu yang menjadi lebih nikmat saat memakannya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Semarang yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat Sobat Holopis mengunjungi kota ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Simak Makna Spiritual Hari Siwa Ratri, Lengkap Beserta Tradisi dan Upacaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Siwa Ratri, juga dikenal sebagai...

Budaya Srawung untuk Persiapan Hajatan Nikah di Wonogiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hallo sobat Holopis, Indonesia memang negara...

Keutamaan Menjalankan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Setelah menjalankan ibadah puasa wajib di...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru