Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Rizal Ramli: Angin Perubahan Sudah Tiba

JAKARTA, HOLOPIS.COM Tokoh nasional,Rizal Ramli mengingatkan bahwa kondisi ekonomi yang semakin memburuk akan menciptakan gelombang massa yang begitu kuat untuk menuntut adanya suatu perubahan.

Bahkan ada adagium yang menyebut bahwa perubahan tidak terelakan atau change is inevitable. Suka atau tidak suka semua akan menghadapi hal tersebut.

Menurut mantan Anggota Tim Panel Ekonomi PBB bersama peraih Nobel itu, apabila kondisi objektifnya sudah matang, maka risiko perubahan bisa diminalisir.

“Kondisi objektif itu adalah krisis ekonomi sosial rakyat, krisis likuiditas dan dinamika geostrategis,” tulis Menko Ekuin era pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu melalui akun Twitter pribadinya @ramlirizal, Kamis (28/4).

Tokoh pergerakan mahasiswa 77/78 dan salah satu pendiri Gerakan Anti Kebodohan (GAK) itu kemudian mengungkapkan kondisi yang terjadi di tahun 1998. Kala itu, kata Rizal Ramli, perubahan rezim terjadi melalui gerakan reformasi yang digalang mahasiswa.

Pada periode April hingga Mei 1998, ungkap Rizal Ramli, telah terjadi kelangkaan beras, krisis utang konglomerat, dan APBN bolong besar karena krisis perbankan. Bahkan bahan bakar minyak (BBM) kala itu mengalami kenaikan hingga 74 persen.

“Teman-teman prodemokasi sudah ndak mau Soeharto, geopolitik juga ingin transisi Indonesia ke sistim demokratis. Akhirnya Pak Harto yang sangat kuat undur diri,” tegasnya.

Sementara saat ini tidak jauh beda. Kondisi ekonomi rakyat sangat berat, bahkan lebih sulit dari April hingga Mei 1998. Selain itu, daya beli rakyat terus dirontokkan dengan kenaikan harga-harga dan tarif.

“Mahasiswa dan civil society sebel dengan kembalinya sistim otoriter dan KKN, geopolitik menilai ini rezim Pro-Beijing. Angin perubahan sudah tiba!” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menhan Prabowo Pantau Langsung Proses Pembebasan Pilot Susi Air

Proses pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens mendapatkan pengawasan penuh dari pemerintah, khususnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kapten Philip Mehrtens Diterbangkan ke Jakarta

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyampaikan bahwa pihaknya tengah menerbangkan pilot maskapai penerbangan Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang telah berhasil diselamatkan dari tangan KKB Papua.

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru