Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizErick Thohir Prediksi Industri Penerbangan Pulih pada Oktober 2022

Erick Thohir Prediksi Industri Penerbangan Pulih pada Oktober 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, memprediksi industri penerbangan di Tanah Air akan pulih dalam 6 (enam) sampai delapan bulan ke depan, atau minimal pada Oktober 2022.

Hal ini seiring dengan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19 yang terjadi di beberapa negara.

“Sekarang mulai normal di banyak negara, termasuk Indonesia yang mungkin 6-8 bulan lagi normal. Tentu penerbangan menjadi alternatif perjalanan dinas dan wisata,” kata Erick, Kamis (28/4).

Sementara untuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang berada di bawah naungannya, Erick mengatakan akan terus mendorong perusahaan pelat merah tersebut untuk segera menyelesaikan masalah keuangan secepatnya.

Kendati demikian, Erick mengaku tak ingin ada ikut campur pihak eksternal dalam persoalan yang menyangkut masalah keuangan Garuda Indonesia.

“Kami mendorong penyelesaian Garuda secara maksimal, tentu penyelesaian yang baik karena tidak mau kami ditekan oleh lessor-lessor,” ujar Erick.

Pasalnya, lessor yang meminjamkan pesawat tersebut ada yang terindikasi koruptif, sehingga harus dihindari. Terlebih, Garuda Indonesia masih menunggu keputusan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang akan diumumkan 20 Mei 2022.

Setelah keputusan itu keluar, Erick menegaskan, akan mengevaluasi kembali infrastruktur pendukung dari perusahaan negara khususnya di bidang penerbangan.

Tak hanya itu, ia juga tak segan-segan melakukan intervensi untuk menciptakan keseimbangan di sisi BUMN.

“Memang kami concern dengan angka penerbangan ini,” kata Erick.

Saat ini, angka pemulihan bandara tercatat telah mencapai 88 persen. Angka ini dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya Hari Raya Idulfitri yang mendorong pelaku perjalanan untuk mudik, berwisata, hingga umrah.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.