Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizTok! Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO

Tok! Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menegaskan, bahwa pemerintah resmi melarang ekspor crude palm oil (CPO) beserta minyak goreng dan bahan baku minyak goreng lainnya, setelah sempat menyatakan CPO tidak termasuk ke dalam daftar produk yang dilarang untuk diekspor.

Dalam konferensi pers virtual, Airlangga menjelaskan bahwa larangan ekspor minyak goreng dan bahan baku minyak goreng ini efektif berlaku mulai tengah malam nanti, yakni pada hari Kamis (28/4) pukul 00.00 WIB.

“Ini menindaklanjuti penjelasan pemerintah selanjutnya, ini menjadi penting agar tidak terjadi perbedaan interprestasi mengenai kebijakan larangan ekspor CPO dan turunannya,” tutur Airlangga dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/4).

Dia mengatakan, bahwa larangan ekspor CPO, RBD Palm Olein, pomade, dan used cooking oil bertujuan untuk mendorong ketersediaan bahan baku dan minyak goreng di dalam negeri, dalam rangka penyediaan minyak goreng curah dengan ke Rp14.000 per liter yang merata di seluruh Indonesia.

“Dan ini akan berlaku sampai harga minyak curah bisa dicapai di Rp14.000 per liter,” ujar Airlangga.

Adapun untuk mekanisme pengawasan terkait kebijakan larangan ekspor ini akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Instansi Kepabeanan Indonesia).

“Untuk pelaksanaan distribusi hasil CPO dan produk turunannya, tentu kalau ada pelanggaran akan ditindak tegas, karena Satgas Pangan, Bea Cukai, Kepolisian akan terus melakukan pengawasan, demikian juga Kementerian Perdagangan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.