JAKARTA, HOLOPIS.COMDirektur Angkutan Jalan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Suharto menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan 57.693 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Pariwisata untuk membantu melayani perjalanan mudik menggunaan jalur darat.

“Khusus di transportasi darat, kita sudah siapkan 57.693 unit bus baik AKAP maupun Pariwisata, ini akan dipergunakan untuk pelayanan mudik,” kata Suharto dalam Ruang Tamu Holopis Channel, Selasa (26/4).

Selain bus, pihaknya juga sudah menyediakan 215 unit kapal untuk memaksimalkan pelayanan mudik tahun 2022 ini. Apalagi kata Suharto, mudik tahun ini sangat luar biasa, karena akan ada pergerakan 85 juta masyarakat melakukan kegiatan pulang kampung di hari lebaran.

“Ada 215 unit kapal sudah siap melakukan layanan mudik,” ujarnya.

Kedua moda transportasi yang ia sebutkan itu pun sudah dilakukan pemeriksaan tentang kelaikannya.

“Kami juga sudah melakukan cek bahwa dua moda tersebut laik digunakan,” jelasnya.

Suharto juga menyampaikan bahwa pemerintah telah melakukan koordinasi dan imbauan kepada para pemilik dan pengelola dua moda transportasi tersebut untuk memastikan bahwa pelayanan mereka prima.

“Kita sudah imbau para operator agar para pengemudinya yang ditugaskan adalah pengemudi yang sehat jasmani maupun rohaninya. Transpporasi darat harus tahu medannya seperti apa,” tuturnya.

“Dan bicara medan, adalah bagaimana persiapan pengemudi, rute dan waktu tempuh harus diatur sedemikian rupa,” pungkas Suharto.