JAKARTA, HOLOPIS.COM – H-8 lebaran jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen disebut mengalami kenaikan.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa menyatakan ada 28 kereta api yang beroperasi hari ini, di mana dua diantaranya adalah kereta tambahan.

“Stasiun Pasarsenen terdapat 28 kereta api yang beroperasi, 2 diantaranya kereta tambahan,” kata Eva, Senin (25/4).

Sementara itu, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun tersebut sebanyak 15.100 orang.

“Volume penumpang berangkat sebanyak 15.100 atau 74 persen dari total Tempat Duduk yang tersedia sebanyak 20.500,” kata dia.

Meski ada peningkatan jumlah penumpang, Menurut Eva puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 27 April- 1 Mei 2022.

“Belum puncak arus mudik,” ucap dia.

Adapun kota tujuan pemudik, tercatat masih didominasi oleh Jawa Tengah, Jawa Timur, diantaranya Purworejo, Purwokerto, Solo, Semarang, Surabaya, Malang.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, pada periode mudik H-10 atau Jumat 22 April 2022, sebanyak 66.676 pelanggan menggunakan kereta api ke berbagai daerah. Adapun okupansi kereta pada H-10 Lebaran tersebut mencapai 57 persen dari 117.060 tempat duduk yang disediakan.

Jika dibandingkan dengan pekan lalu terdapat peningkatan sebesar 6 persen, dimana pada 15 April 2022 PT KAI melayani 62.757 pelanggan KA Jarak Jauh. Rute yang menjadi favorit pelanggan pada keberangkatan H-10 Lebaran adalah rute Jakarta – Yogyakarta pp, Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Bandung pp, dan Jakarta – Semarang pp.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari lebaran.

Hal tersebut juga sesuai anjuran Presiden RI Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal dan menggunakan angkutan kereta api.