JAKARTA, HOLOPIS.COM THR merupakan hal yang paling ditunggu oleh semua orang menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Pemberian THR atau yang biasa disebut Tunjangan Hari Raya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam merayakan hari raya keagamaan.

Sama halnya dengan gaji, THR juga harus dipergunakan sebaik-baiknya agar tak mengalami kesulitan keuangan setelah Lebaran.

Apabila salah dalam mempergunakan uang THR, bisa saja Anda akan mengalami kesulitan keuangan selepas hari raya.

Lantas, apa saja hal yang perlu Anda lakukan begitu menerima uang THR?

1. Buat budget atau alokasi pengeluaran
Kondisi keuangan seseorang akan bergantung pada seberapa baik seseorang tersebut dalam mengatur keuangan.

Kunci dalam mengatur keuangan sebenarnya cukup mudah. Sobat hanya perlu memahami pengeluaran mana yang sifatnya prioritas dan bukan.

Perlu ingat, pada bulan Ramadan menjelang Lebaran, sobat akan menerima gaji bulanan dan THR sekaligus. Dengan demikian pemasukan yang Sobat Holopis terima dobel di bulan ini.

Untuk memastikan agar pemasukan tersebut tak hanya numpang lewat, Sobat Holopis bisa mengatur pengeluaran dengan skema 50/30/20. Artinya sekitar 50 persen dari pemasukan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk bayar utang (apabila ada) atau kebutuhan pribadi, dan 20 persen lagi untuk ditabung ataupun investasi.

Apabila alokasi tersebut sudah terpenuhi, Sobat hanya tinggal mengalokasikan uang THR ke kebutuhan belanja hari raya sebesar 50 persen. Sisanya bisa Sobat gunakan sebagai dana cadangan.

2. Lunasi utang
Sebelum berbelanja kebutuhan Lebaran, ada baiknya jika Sobat Holopis menyelesaikan perkara utang jika memang ada. Hal ini agar Sobat Holopis bisa tenang dalam menjalankan Hari Raya Idulfitri.

Sebab di saat-saat menjelang Lebaran, Sobat akan sibuk untuk mempersiapkan Lebaran.

Gara-gara terlalu sibuk mempersiapkan Lebaran, ada kemungkinan Sobat bisa lupa untuk membayar cicilan kredit. Sehingga, cicilan kartu kredit yang bisa dibayarkan tanpa bunga justru malah kena bunga karena dibayarnya lewat dari tanggal jatuh tempo.

Sebaiknya, cicilan yang ada langsung dibayarkan tanpa perlu menunggu waktu jatuh tempo. Dengan begitu, Sobat tidak akan terbebani dengan masalah tagihan di bulan selanjutnya.

3. Jangan lupa investasi
Setelah bayar utang ataupun disisihkan sebagai tabungan, investasi juga bisa menjadi salah satu pilihan ketika mendapatkan THR.

Dalam berinvestasi, memilih instrumen investasi yang tepat menjadi salah satu langkah penting dalam mengantisipasi adanya risiko yang kemungkinan terjadi bisa.

Terdapat banyak instrumen investasi yang bisa Sobat pilih selama bulan Ramadan ini. Bagi Sobat Holopis yang ingin berinvestasi dengan risiko kecil, Sobat bisa Apabila ingin berinvestasi di deposito. Hanya saja profit yang dihasilkan deposito juga kecil.

Nah, apabila Sobat menginginkan profit yang lebih besar Sobat bisa untuk berinvestasi di saham ataupun pasar uang. Akan tetapi, risiko yang kemungkinan didapat lebih besar juga.