JAKARTA, HOLOPIS.COM Google akan keluarkan kebijan baru yang akan berlaku mulai 11 Mei 2022, terkait dengan penghentian aplikasi yang menawarkan fungsionalitas perekaman panggilan telepon kepada pengguna Android di Play Store.

Kebijakan itu terungkap pertama kali, oleh pengguna di forum Reddit. Seperti dilansir dari Business Inside, Sabtu (23/4). Apa yang dilakukan Google ini, bukan yang pertama kali untuk hentikan fungsi perekaman panggilan.

Menurut Google, apa yang akan dilakukan ini lebih kepada privasi dan keamanan. Selain itu, ada kemungkinan juga karena undang-undang perekaman panggilan berbeda dari satu negara ke negara lain.

Jika kebijakan itu mulai diterapkan, maka aplikasi ketiga TrueCaller dan ACR Phone yang menggunakan Accessibility API untuk merekam panggilan tidak lagi bisa digunakan.

“API Aksesibilitas tidak dirancang dan tidak dapat diminta untuk perekaman audio panggilan jarak jauh. Penggunaan API Aksesibilitas harus didokumentasikan dalam daftar Google Play” kata Google.

Google juga menjelaskan, bahwa kebijakan ini tidak berpengaruh pada fungsi perekaman panggilan dari aplikasi bawaan seperti pada perangkat dari Samsung, OnePlus, dan Xiaomi.

“Jika aplikasi adalah dialer default di telepon dan juga sudah dimuat sebelumnya, kemampuan aksesibilitas tidak diperlukan untuk mendapatkan akses ke aliran audio yang masuk, dan karenanya tidak akan melanggar kebijakan,” jelas Google.