JAKARTA, HOLOPIS.COM Serikat buruh mengancam akan melakukan demonstrasi secara besar meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera mencopot Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi. Permintaan itu dilatarbelakangi terungkapnya kasus ekspor minyak goreng yang melibatkan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan.

Menurut Presiden Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, penangkapan Dirjen Perdagangan Luar Negeri dan tiga pengusaha minyak goreng oleh Kejaksaan Agung (Kejagung), membuktikan bahwa kenaikan harga minyak goreng akibat mafia atau kartel.

“Partai buruh dan organ serikat buruh mendesak agar Menteri Perdagangan dicopot karena selalu menyatakan ada mafia-mafia tidak bisa disentuh atau untouchable, ternyata dirjennya. Itu menunjukkan mengendalikan internal Kementerian Perdagangan saja Menteri Perdagangan tidak mampu, harus dicopot,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (20/4/2022).

Pihaknya juga mendesak agar kasus tersebut diusut sampai ke akar-akarnya oleh Kejagung. Bahkan menurutnya KPK perlu ikut menangani kasus serupa sampai ke akar-akarnya agar masalah minyak goreng dan CPO bisa dibongkar secara tuntas.

Partai Buruh dan organ serikat buruh pada hari buruh internasional 1 Mei 2022 akan menyuarakan agar Presiden Jokowi, dengan hak prerogatif-nya mencopot Menteri Perdagangan dan memeriksa dirjen-dirjen yang lain.

Untuk itu, Presiden Jokowi harus memerintahkan Jaksa Agung hingga KPK mulai menginvestigasi dan memeriksa dirjen-dirjen yang lain di Kementerian Perdagangan agar disapu bersih jika terbukti terlibat.

“Pada saat May Day tidak menutup kemungkinan setelah dari Bundaran HI kami menuju Kementerian Perdagangan,” tandasnya.