JAKARTA, HOLOPIS.COMWalikota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid mengatakan, bahwa pihaknya akan menyiapkan tempat istirahat pada sejumlah titik bagi para pemudik Lebaran 2022 yang melintas jalur pantai utara daerah setempat.

Apalagi kata dia, jumlah masyarakat yang melakukan arus mudik Lebaran tahun ini diperkirakan akan meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya karena adanya pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kita perlu melakukan antisipasi banyak hal, karena kami memperkirakan mudik Lebaran 2022 dipastikan akan ramai karena sudah dua tahun tidak ada mudik,” kata Afzan kepada wartawan, Senin (19/4).

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Slamet Prihantono mengatakan, bahwa pihaknya akan menyiapkan personel untuk melakukan rekayasa lalu lintas pada saat kondisi jalan pantura padat.

Selain itu, kata dia, apabila terjadi kedapatan arus mudik Lebaran di jalan utama maka pihaknya juga telah menyiapkan jalan alternatif untuk para pemudik.

“Kondisi jalan dalam kota memang sudah sempit, apalagi dengan banyaknya pemudik yang mampir berbelanja di pusat oleh-oleh untuk saudaranya di kampung sehingga hal itu diperkirakan akan menimbulkan kepadatan di sebuah titik,” terang Slamet.