Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Kiai Cholil Nafis : Tak Mungkin Dirikan Negara Seperti Nabi

JAKARTA, HOLOPIS.COM Ketua bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Muhammad Cholil Nafis menyampaikan, bahwa saat ini tidak mungkin umat Islam mendirikan negara seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Bukan dilarang mendirikan negara seperti Nabi SAW di Madinah, tapi tak mungkin dilaksanakan,” kata kiai Cholil, Minggu (17/4).

Karena ketika mendirikan negara seperti era Rasulullah, maka pemimpin hingga hakimnya harus seorang nabi dan rasul yang mendapatkan wahyu langsung dari Allah SWT.

Sementara, Nabi Muhammad SAW adalah nabi terakhir, sehingga tidak mungkin ada nabi lainnya setelah Rasulullah.

“Sebab sudah tak ada lagi Rasul dan Wahyu tak akan turun lagi,” ujarnya.

Pun demikian, mendirikan negara adalah bagian dari kewajiban yang harus dilaksanakan agar kehidupan masyarakat bisa terlindungi dengan baik.

Kiai Cholil Nafis menekankan bahwa di dalam menjalankan negara, yang dilaksanakan adalah bagaimana menegakkan keadilan dengan format yang telah disepakati di dalam organisasi kenegaraan itu.

“Substansinya wajib dilaksanakan, yaitu penegakan keadilan yang menjadi ruh dalam bernegara dengan format yang disepakati rakyat,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru