JAKARTA, HOLOPIS.COM – Aktris Anne Hathaway, Ratu Rania dari Yordania hingga Melinda, mantan istri Bill Gates direncanakan hadir pada acara Women 20 (W20) dalam Presidensi G20 di Indonesia.

Acara tersebut akan digelar di Danau Toba, Parapat, Sumatra Utara yang dijadwalkan berlangsung pada 19 – 21 Juli 2022.

Selain itu, terdapat nama populer lainnya, seperti CEO Perbankan Dunia Melly Ellen Iskenderian, Direktur Bank Dunia Mari Elka Pangestu, hingga Direktur Eksekutif UN Women Sima Sami Bahous. Tokoh-tokoh dunia direncanakan akan mengisi seminar-seminar internasional selama W20.

“Sementara ini ada beberapa menteri luar negeri yang kemungkinan besar hadir, seperti Kanada dan Australia,” kata Chairwoman W20 Hardiani Uli Silalahi, Rabu (13/4).

Kami juga berharap artis sekaligus tokoh NGO Anne Hathaway dan Melinda Gates hadir, dan tentu tokoh perempuan Mari Pangestu, Direktur Bank Dunia,” sambungnya.

Menurut Hardiani Ulli, ada sekitar 10 negara yang telah mengkonfimrasi kehadirannya di event W20. Tokoh-tokoh dunia ini nantinya akan berkumpul di Parapat selama tiga hari membahas isu-isu mengenai perempuan dan ekonomi.

“Delegasinya total 19 plus Uni Eropa, jadi lebih dari 20 negara. Sementara ini yang konfirmasi sudah 10 negara, bahkan mereka sebagian sudah mem-booking tiket,” ungkap Hardiani Uli.

Acara W20 di Parapat akan memutuskan hal apa yang akan diajukan W20 untuk deklarasi di G20 Desember nanti.

Saat ini, isu prioritas W20 antara lain adalah diskriminasi dan kesetaraan gender, inklusi ekonomi, perempuan marginal, dan kesehatan.