Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizBI : Kinerja Penjualan Eceran Diprediksi Tumbuh Melambat pada Maret 2022

BI : Kinerja Penjualan Eceran Diprediksi Tumbuh Melambat pada Maret 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono mengatakan, bahwa kinerja penjualan eceran diprediksi tetap tumbuh positif pada Maret 2022, meski sedikit melambat jika dibanding periode bulan sebelumnya.

Hal itu tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) pada Maret 2022 yang diprediksi hanya mencapai angka 204,0.

“Secara tahunan, penjualan eceran Maret 2022 diperkirakan tetap tumbuh, yaitu sebesar 8,6 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), atau lebih rendah dari 12,9 persen yoy pada Februari 2022,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Senin (11/4).

Adapun penjualan kelompok yang tercatat tetap tumbuh tinggi pada Maret 2022 antara lain bahan bakar kendaraan bermotor, serta makanan, minuman, dan tembakau.

Sementara untuk kinerja penjualan pada Maret 2022 secara bulanan diprediksi tumbuh sebesar 2,0 persen (month-to-month/mtm), atau lebih tinggi dibandingkan -4,5 persen mtm pada bulan sebelumnya.

Peningkatan tersebut terjadi pada sebagian besar kelompok, utamanya kelompok sandang, suku Cadang dan aksesori, barang budaya dan rekreasi serta makanan, minuman, dan tembakau,

Erwin mengatakan, perkembangan ini seiring dengan dengan meningkatnya permintaan masyarakat saat pelonggaran PPKM, kasus Covid-19 yang melandai, serta dimulainya persiapan bulan Ramadan.

Adapun, kata Erwin, IPR pada periode Februari 2022 tercatat sebesar 200,0, atau tumbuh 12,9 persen yoy.

Kelompok yang tercatat tetap tumbuh kuat antara lain Makanan, Minuman dan Tembakau, serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Sementara untuk kelompok yang tercatat mengalami penurunan terjadi pada mayoritas kelompok komoditas, terutama pada Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, Barang Budaya dan Rekreasi, serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.