JAKARTA, HOLOPIS.COM Menjelang berakhirnya masa jabatan ratusan kepala daerah, Presiden Jokowi meminta sejumlah syarat tertentu untuk sosok pengganti sementara.

Syarat tersebut menurut Jokowi karena situasi menjelang pemilu dan masih di masa pandemi membutuhkan sosok yang mampu mendukung program pemerintah.

“Saya minta seleksi figur-figur pejabat daerah ini betul-betul dilakukan dengan baik sehingga kita mendapatkan pejabat daerah yang capable, memiliki leadership yang kuat,” kata Jokowi, Minggu (10/4).

“Serta mampu menjalankan tugas yang berat di tengah situasi ekonomi yang tidak mudah, situasi ekonomi global yang tidak gampang. Agar nantinya penyiapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 ini bisa berjalan dengan baik,” sambungnya.

Menurut Jokowi, dengan jumlah yang cukup banyak harus digantikan, pihaknya memang benar benar harus jeli untuk menempatkan sosok yang sesuai mengisi posisi tersebut.

“Kita juga harus menyiapkan pejabat gubernur, pejabat bupati, pejabat wali kota yang berakhir masa jabatannya di 2022 ini, ada 101 daerah. Disiapkan, karena ada 7 gubernur, ada 76 bupati, dan ada 18 wali kota yang harus diisi,” bebernya.