MEDAN, HOLOPIS.COM – Ratusan warga di Kecamatan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara mengalami kebanjiran dengan ketinggian air mencapai 120 sentimeter.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, banjir yang terjadi sejak Sabtu (9/4) tersebut terjadi setidaknya di dua kelurahan.

“Dua wilayah di Kecamatan Medan Maimun terdampak banjir. Dua kelurahan itu yaitu Kelurahan Aur dan Sei Mati,” kata Abdul, Minggu (10/4).

Abdul menjelaskan, meskipun ketinggian air 20 hingga 120 sentimeter tersebut, warga memilih untuk tetap bertahan di rumah mereka masing masing dan tidak mengungsi.

“Warga terdampak banjir di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, memilih bertahan di rumah saat banjir. Sebanyak 112 KK atau 394 warga di dua kelurahan tersebut terdampak banjir pada Jumat malam,” jelasnya.

Abdul mengungkapkan, kerugian tercatat 105 unit rumah terdampak banjir. Banjir terjadi setelah hujan deras di kawasan hulu sehingga debit air Sungai Deli meluap.

Ketika peristiwa ini terjadi, petugas BPBD melakukan patroli dan memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan siaga. Pihaknya juga terus memonitor perkembangan cuaca dari BMKG sehingga antisipasi terhadap bahaya hidrometeorologi dapat dilakukan sejak dini.