Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Polisi Siapkan Skema Lalin Mudik Lebaran, Salah Satunya Contra Flow di Tol

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Polisi tengah menyiapkan sejumlah skema pengamanan lalu lintas untuk mencegah penumpukan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2022. Diantaranya dengan menerapkan sistem satu arah atau one way dan contra flow di jalan tol.

“Untuk jalan tol akan dilakukan one way atau contra flow,” kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol Argadija Putra, Jumat (8/4).

Menurut dia, jalan-jalan arteri yang dilalui pemudik juga dijaga oleh petugas yang akan mengatur lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

“Di jalan arteri akan ada pengaturan lalin di beberapa titik rawan macet, seperti di Jalan Kalimalang-Bekasi,” ujar Arga.

Selain itu, pihak kepolisian akan menyiapkan 13 pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan) yang nantinya disebar di jalur mudik, baik jalan arteri maupun jalan tol.

“Di jalur Pantura 6 pospam dan 2 posyan, di jalur Kalimalang ada 2, di jalur tol ada 3 di rest area,” papar Arga.

Pihak kepolisian juga memastikan tidak melakukan penyekatan pada mudik Lebaran tahun ini. Sebagai gantinya, polisi akan melakukan sampling acak kepada para pemudik.

Bagi pemudik yang belum divaksin booster, ujar Arga, bisa mendapatkannya di gerai vaksinasi yang ada di pos pelayanan yang khusus menyediakan vaksin booster secara gratis.

“Enggak ada (penyekatan). Nanti mungkin kita lakukan pengecekan uji sampling juga, kalau ada pemudik yang belum vaksin, kita sarankan untuk vaksin di pos pelayanan itu,” tuturnya.

Arga menegaskan petugas yang berjaga akan fokus pada pengamanan arus mudik dan tak akan memberhentikan pemudik.

Ia pun mengimbau warga agar mempersiapkan rencana mudik sematang mungkin, utamanya dengan mengikuti vaksinasi dosis lengkap.

“Tetap perhatikan keselamatan pada saat melaksanakan mudik. Siapkan diri, siapkan kendaraan, dan hati-hati,” kata dia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru