Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sekum Muhammadiyah : Perbedaan Awal Ramadan Hal Biasa

JAKARTA, HOLOPIS.COMSekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengatakan, bahwa perbedaan penetapan awal Ramadan 1443 H adalah hal yang biasa dalam persoalan ijtihadiyah. Karena perbedaan ini masih dalam tahap khilafiyah dalam praktik peribadatan.

“Perbedaan penetapan awal Ramadhan adalah hal yang biasa sebagaimana khilafiyah dalam melaksanakan ibadah,” kata Mu’ti, Sabtu (2/4).

Karena masih dalam tahapan khilafiyah, ia pun mengajak semua pihak baik yang pro Ramadan 3 April maupun yang 2 April tidak saling menghujat. Apalagi kedua belah pihak memiliki argumentasi dan dasar yang jelas.

“Masyarakat hendaknya saling bertoleransi dan saling menghormati,” ujarnya.

Dijelaskan Mu’ti, bahwa perbedaan dalam tataran khilafiyah tidak perlu dipaksakan untuk menyalahkan argumentasi pihak lain. Akan tetapi bagaimana setiap orang memiliki keyakinan masing-masing dan menjalankannya dengan damai dan khusyuk.

“Perbedaan penetapan bukan soal benar atau salah, menang atau kalah, tapi soal keyakinan dan pilihan,” papar Mu’ti.

Tujuan saling menghormati ini dikatakan Mu’ti agar setiap orang tidak saling menghakimi.

“Agar tumbuh sikap saling memahami, penting sekali memahami sumber dan sebab perbedaan sehingga tidak saling menghakimi,” sambungnya.

Perlu diketahui, bahwa Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Massimo Meregalli Kaget Fabio Quatararo Mampu Taklukan Ban Jenis Baru

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kepala Tim Monster Energy Yamaha, Massimo...

Menu Takjil Khas Arab Saudi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Takjil atau menu berbuka puasa merupakan...

Arus Balik Mudik 2022, Beberapa Bandara Terpantau Ramai Terkendali

JAKARTA, HOLOPIS.COM - Arus balik mudik 2022 sudah dimulai...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru