Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

VIRAL : Antrean Panjang Tes PCR di Bandara, Satgas Bakal Evaluasi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Membeludaknya antrean tes Covid-19 di pintu-pintu masuk luar negeri, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sejalan dengan tren peningkatan jumlah kedatangan PPLN ke Indonesia viral di media sosial.

Menyikapi semerautnya kondisi tersebut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Suharyanto mengaku akan mengkaji mekanisme tes polymerase chain reaction (PCR) di pintu kedatangan internasional di bandara menyusul antrean panjang tes Corona bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

Suharyanto mengatakan antrean itu terjadi usai pemerintah menghapuskan aturan karantina kesehatan bagi PPLN yang sudah menerima dua dosis vaksin dan booster sejak Rabu (23/3) kemarin.

“Dengan semakin terkendalinya kasus Covid-19 dan kebijakan baru tanpa karantina bagi PPLN yang sudah vaksin lengkap atau booster, meningkatkan jumlah perjalanan internasional,” ujarnya.

Kendati demikian, Suharyanto mengatakan, para PPLN tersebut tetap diwajibkan menjalani tes PCR begitu tiba di Indonesia. Kondisi itulah yang kemudian menurutnya, sempat menyebabkan antrean panjang di Bandara Soetta.

Meski begitu, ia mengklaim, pihak Satgas Covid-19 di Bandara Soetta sejatinya telah mengantisipasi adanya penumpukan antrean tersebut. Salah satunya dengan mengubah sistem antrean terutama untuk testing mandiri dan pembayaran.

“Arus kedatangan internasional di Bandara Soetta juga membutuhkan testing PCR yang lebih banyak dan cepat,” jelasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru