Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

BMKG Pasang 2 Alat Deteksi Dini Tsunami di Kota Manado dan Bitung

MANADO, HOLOPIS.COM 2 unit alat deteksi dini tsunami akan dipasang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Utara di Kota Manado dan Kota Bitung.

“Alat alat deteksi dini tsunami itu sudah diuji coba,” ungkap Tony Agus Wijaya, Kepala Stasiun Geofisika Manado, (26/3).

Dijelaskan Tony, uji coba sirine alat pendeteksi ini akan dilakukan pada tanggal 26 setiap bulannya pada pukul 10.00 WITA. Uji coba itu, bertujuan untuk memastikan alat yang dipasang tersebut berfungsi dengan baik.

Alat deteksi dini tsunami ini, akan bekerja saat terjadi gempa yang berpotensi tsunami. BMKG nantinya akan berikan peringatan dini, kepada kepala pemerintahan daerah serta instasi terkait seperti BPBD.

“Jadi yang akan memencet tombol sirine peringatan dini tsunami tersebut yaitu pemerintah daerah, ” ujarnya.

Dilanjutkannya, saat sirine berbunyi, masyarakat diharapkan langsung meninggalkan pesisir pantai dan mencari tempat aman. Sirine itu, merupakan sebuah bentuk peringa6 yang diberikan kepada masyarakat agar bersiaga sehingga bisa mengurangi dampak yang ditimbulkan ketika terjadi tsunami.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru