Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kementerian KKP Gencarkan Kampanye Diet Plastik Untuk Kurangi Sampah di Laut

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), menyerukan kampanye pengurangan sampah bertema Diet Plastik, Laut pun Cantik, yang merupakan bagian dari #BulanCintaLaut.

Ini merupakan wujud KKP dalam menjalankan Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut.

Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Pamuji Lestari, mengatakan pemerintah Indonesia sudah menunjukkan komitmennya  mengurangi 30 persen sampah  melalui aturan tersebut. Melaui 3R (Reuse, Reduce dan Recycle).

“Aksi kampanye KKP ini sebagai upaya dalam mengurangi sampah di laut serta menjadi sarana edukasi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat untuk melakukan pengendalian pencemaran di pesisir dan laut,” katanya, (26/2).

Pamuji Lestari juga mengatakan, ini merupakan sebuah keharusan yang dilakukan untuk mengelola ang laut utamanya pengelola kawasan konservasi, menjaga lingkungan laut dari ancaman kerusakan yang salah satunya disebabkan oleh sampah.

Untuk itu, ujar dia, diperlukan langkah-langkah inovatif dan kreatif dalam penanganan sampah dan melibatkan partisipasi masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menegaskan bahwa #BulanCintaLaut merupakan salah satu bentuk komitmen KKP dalam menjaga kesehatan laut yang menjadi atensi dunia sejak beberapa tahun terakhir. Terlebih, lanjutnya, saat ini Indonesia didaulat menjadi tuan rumah forum internasional G20.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru