YOGYAKARTA, HOLOPIS.COM Bencana angin kencang merusak ratusan rumah warga yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, angin kencang tersebut juga menyebabkan beberapa warga mengalami luka luka pada kejadian yang berlangsung Selasa (22/2) tersebut.

“Angin kencang menyebabkan empat warga dan 526 keluarga terdampak,” kata Abdul, Rabu (23/2).

Seperti biasanya, Abdul tidak memberikan data lengkap mengenai korban yang mengalami luka akibat bencana angin kencang tersebut.

Abdul kemudian hanya mengatakan, bencana ini berlangsung bersamaan dengan hujan lebat yang mengguyur wilayah Gunung Kidul.

“Angin kencang dirasakan warga Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Kapanewon. Selain korban luka-luka, tercatat 2 KK yang mengungsi sementara waktu,” imbuhnya.

Angin kencang kemudian diketahui juga menyebabkan kerusakan pada rumah sebanyak 526 unit, pabrik 1 unit, tempat ibadah 2 unit, balai dusun 1 unit, sedangkan fasilitas pendidikan terdampak 2 unit.

Setelah angin kencang reda, personel BPBD dan unsur gabungan lain segera membantu warga untuk membersihkan puing-puing material rumah rusak. Warga bergotong royong untuk membantu warga yang terdampak bencana. Di samping itu, BPBD memberikan bantuan logistik berupa makanan.