Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizMakin Menjamur, Negara G20 Sepakat Perketat Pengawasan Aset Kripto

Makin Menjamur, Negara G20 Sepakat Perketat Pengawasan Aset Kripto

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan hasil diskusi BI dengan para delegasi dari negara-negara yang tergabung dalam forum G20.

Dalam forum tersebut, salah satunya disepakati bahwa perlu adanya pengetatan pengawasan terhadap aset kripto. Sebab, aset digital berbasis blockchain itu berpotensi mengganggu pasar keuangan dan ekonomi global.

“G20 sepakat perlu ada kerangka pengaturan terhadap aset kripto,” ucap Perry dalam konferensi pers secara daring, Jumat (18/2).

Perry mengakui, jika perkembangan aset kripto tidak dibarengi dengan regulasi yang ketat, maka dikhawatirkan dapat mengancam stabilitas sistem keuangan dan perekonomian global.

“Kalau tidak dipantau secara baik dikhawatirkan menimbulkan instabililtas pasar keuangan global dan perekonomian,” terang Perry.

Di Indonesia, aset kripto masuk dalam kategori komoditi berjangka. Sehingga pengawasan terhadap aset kripto masuk dalam ranah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sementara untuk regulasi perdagangan aset kripto, diatur dalam peraturan Bappebti No 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka

Selain itu, aturan mengenai aset kripto juga termaktub dalam Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

Berdasarkan data dari Kemendag, pelanggan aset kripto yang terdaftar untuk bisa bertransaksi telah mencapai 11,2 juta per Januari 2022.

Sementara untuk akumulasi transaksi, tercatat di angka Rp 859,4 trilun pada 2021. Angka tersebut lebih besar dibanding transaksi di tahun 2020 yang hanya Rp 65 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk berinvestasi di aset kripto meningkat signifikan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.

Airlangga Minta Sri Mulyani Kucurkan Rp 1 Triliun Demi Percepat Digitalisasi Daerah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati untuk mengucurkan anggaran sebesar Rp 1 triliun sebagai upaya Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Koperasi UMKM Tangguh Berkibar Kenalkan Produk Indonesia di Pameran CIEIE EPSE 2024

Pameran China International E-Commerce Industry Expo dan Indonesia E-Commerce Product Sourcing Exhibition (CIEIE EPSE 2024) digelar di JIEXPO Kemayoran, Hall A, Jakarta, resmi dibuka sejak hari Kamis, 19 September 2024.

IHSG Perkasa di Awal Pekan, Lima Saham Ini Langsung Kasih Cuan Maksimal

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir menguat pada akhir perdagangan saham di awal pekan ini, Senin 23 September 2024.