MATARAM, HOLOPIS.COM Untuk mengangkut para penonton MotoGP 2022 menuju ke sirkuit Mandalika, dari dua areal pelabuhan di Kabupaten Lombok Barat, yakni Pelabuhan Lembar dan Gili Mas. Akan disiapkan, 97 unit kendaraan roda empat jenis mini bus

“Jadi dari 181 ‘shuttle bus’ jenis makro (mini bus), 97 kami siapkan untuk pengangkutan penonton di Pelabuhan Lembar dan Gili Mas,” ujar Lalu M Faozal, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Senin (14/2).

Untuk armada di salah satu koridor masuk menuju kawasan Sirkuit Mandalika, akan jadi yang terbanyak di antara lima titik. Hal tersebut dilihat, dari rencana pergerakan penonton yang akan tiba melalui dua gerbang masuk Pulau Lombok tersebut.

“Karena di situ juga akan ada hotel terapung dua unit, kemudian ada pergerakan kapal dari wilayah Benoa, Bali, dan juga kapal pesiar sekitar 600 unit,” ujarnya.

Sedangkan kepastian adanya kapal pesiar (cruise ship), yang mendukung kapasitas kamar inap para penonton MotoGP belum bisa dipastikan.

“Untuk ‘cruise ship’ itu mahal, jadi belum selesai, berapa yang harus di subsidi pemerintah, karena mereka harus kosong bergerak ke sini, mereka minta US$35.000 dollars, itu biaya datang,” ucap dia.