JAKARTA, HOLOPIS.COMSebanyak 52 pemain dan 16 official dari 12 klub yang bermain di Liga 1 terpapar virus Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Alfan Nur Asyhar selaku dokter dari Satgas Covid-19 PT Liga Indonesia Baru (LIB).

“Saya sampaikan untuk total tim yang sekarang terjangkit positif konfirmasi kami catat ada 12 tim tapi dengan porsi pemain dan ofisial yang berbeda-beda. Dari 12 tim tadi ada 68 orang isolasi, terdiri dari 52 pemain dan 16 ofisial,” kata Alfan dalam siaran persnya, Selasa (1/2).

Mantan dokter tim PSIS tersebut menuturkan bahwa pihaknya telah menerapkan mekanisme pemeriksaan yang ketat. Bahkan, lanjut Alfan, pemeriksaan itu dilakukan 2-3 kali hingga pertandingan berlangsung.

“Kurang lebih pukul 10-11 pagi sehari sebelum tanding hasil keluar siang atau sore. Setelah hasil tersebut, ketika tim tadi ada positif, masing-masing yang positif diisolasi. Keesokan harinya anggota klub yang positif tadi akan dicek ulang, pada hari H pertandingan,” jelas Alfan.

“Jadi seleksinya kami lakukan beberapa tahap,” imbuhnya.

Alfan menuturkan bahwa mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 kini tengah menjalani isolasi mandiri di daerah Kuta dan Ubud, Bali. Karena sebagian besar dari mereka tidak mengalami gejala alias OTG.

“Ada satu dua yang ringan, misalnya gejala batuk. Batuk dan demam tinggi, gejala berat tak ada sama sekali. tapi gejalanya mayoritas OTG. Oleh karena itu ini yang kami harap recoverynya bisa cepat,” ujar Sudjarno.