JAKARTA, HOLOPIS.COM – Ketua DPR RI Puan Maharani mengklaim agar para pejabat di Indonesia bisa mematuhi aturan karantina bila habis berplesiran ke luar negeri.

Dia beralasan, kondisi penyebaran omicron yang begitu cepat meluas saat ini lebih banyak dibawa oleh para pelaku perjalanan luar negeri.

“Penerapan karantina terhadap pelaku perjalanan dari luar negeri harus terus dengan pengawasan ketat. Kita harapkan semua pihak mematuhinya, termasuk para pejabat,” kata Puan, (6/1).

Kalau bisa, lanjut Puan, niatan untuk berplesiran ke luar negeri pun sementara waktu ini sebaiknya ditunda jika tidak dalam kebutuhan yang mendesak.

“Kami mengimbau agar masyarakat yang memiliki rencana untuk pergi ke luar negeri untuk ditunda sementara waktu. Jika memang tidak ada sesuatu yang urgent, lebih baik tidak dulu melakukan perjalanan ke luar negeri,” tukasnya.

Dengan makin meluasnya varian Omicron saat ini, mantan Menko PMK ini kemudian mendesak pemerintah untuk menyiapkan skenario terbaik jika keadaan darurat kembali terjadi.

“Menyiapkan segala kebutuhan untuk kondisi terburuk sudah harus dilakukan oleh Pemerintah sejak sekarang. Jangan sampai kita gagap apabila terjadi lonjakan besar seperti pertengahan tahun 2021 lalu,” tegasnya.

Politisi PDI-Perjuangan itu mengatakan, Indonesia tidak boleh lagi mengalami kondisi serba keterbatasan seperti saat varian Delta menyerang.

“Jangan sampai kita kekurangan obat, oksigen, bahkan bed di rumah sakit untuk merawat pasien-pasien Covid. Koordinasi antara pusat dan daerah harus betul-betul optimal, termasuk dengan berbagai lembaga dan instansi terkait,” tambahnya.