Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kazakhstan : Presiden Tokayev Beri Izin Tentara Untuk Tembak Pengunjuk Rasa

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Kazakhstan, Kassym-Jomart Tokayev, mengatakan bahwa ia telah memberikan perintah kepada pasukan keamanan dan tentara untuk melepaskan tembakan dengan kekuatan mematikan kepada pengunjuk rasa yang ia anggap sebagai bandit dan Teroris.

Dilansir dari The Guardian, Jum’at (7/1), Tokayev mengatakan kekuatan mematikan tanpa peringatan akan terus digunakan terhadap demonstran yang kejam.

Pihak berwenang mengatakan, puluhan pengunjuk rasa tewas dalam bentrokan serta 18 orang dari polisi dan pasukan keamanan.

Sementara itu, lebih dari 3.000 orang telah ditahan, akibat kerusuhan yang terjadi.

Aksi protes di Kazakhstan.
Aksi protes di Kazakhstan.

Tokayev mengklaim, bahwa semua tuntutan yang dibuat dengan bentuk damai telah didengar, namun ia mengabaikan sebagian besar pengunjuk rasa yang dianggap sbagai penjahat
Ia mengatakan sebanyak 20.000 bandit terlibat dalam kerusuhan di Almaty.

“Di luar negeri ada seruan agar kedua belah pihak mengadakan negosiasi untuk resolusi damai. Negosiasi macam apa yang bisa Anda lakukan dengan penjahat? Kami berurusan dengan bandit bersenjata. Bandit dan teroris, yang harus dihancurkan,” kata Tokayev.

Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev
Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev (Foto: Photo by Yevgeny BIYATOV / SPUTNIK / AFP)

Tokayev juga mengucapkan terima kasih kepada pasukan penjaga perdamaian yang dikirim oleh Rusia dan negara-negara lain dari Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO).

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan, pasukan penjaga perdamaian Rusia menjaga bandara Almaty pada hari Jumat (7/1) dan situs infrastruktur utama lainnya.

Menurut aliansi regional tersebut, pasukan Rusia yang hadir berjumlah sekitar 2.500 personel.

Aksi protes pertama kali dimulai minggu ini saat harga BBM mengalami kenaikan tajam hingga berlipat ganda.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru