Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dinkes Surabaya Laporkan Kasus Dugaan Jual Beli Vaksin Booster, Tarif Dibanderol Rp250 Ribu

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Laporan dugaan jual beli vaksin booster di Surabaya, Jawa Timur viral. Hal tersebut bermula dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya yang melaporkan kasus dugaan sindikat jual beli vaksin booster berbayar ke Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

Kepala Dinkes Kota Surabaya, Nanik Sukristina mengatakan, kasus dugaan jual beli vaksin booster dilaporkan usai ada pengakuan dari salah seorang warga yang mendapatkan vaksin booster berjenis Sinovac dengan membayar Rp250.000.

“Saat ini, kami menunggu hasil penelusuran Polrestabes Surabaya,” kata Nanik (5/1).

Nanik memastikan, vaksinasi booster untuk masyarakat umum belum dilakukan. Saat ini, booster aru diperuntukan kepada tenaga kesehatan.

Pemerintah Kota Surabaya juga masih menunggu surat edaran dan petunjuk teknis dari Pemerintah pusat mengenai pelaksanaan vaksinasi booster.

”Sampai dengan saat ini, (pelaksanaan vaksinasi booster) belum ada surat edaran dan petunjuk teknisnya,” terangnya.

Senelumnya, praktik jual beli vaksin booster di Surabaya dilakukan sepanjang November-Desember 2021. Ada tiga lokasi yang menjadi praktik pemberian booster ilegal, yaitu tempat ibadah, kantor pengiriman jasa, dan kafe.

Dalam pernyataan terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Gatot Repli Handoko juga menegaskan, penyelidikan dugaan jual beli vaksin booster di Surabaya masih terus dilakukan.

“Ya benar (ada dugaan jual beli vaksin booster), masih dilakukan penyelidikan dan penyidikan Polrestabes Surabaya,” kata Gatot (5/1).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru