Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kalian Gampang Curigaan Dengan Pasangan? Ini Tips Menjaga Kepercayaan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Kepercayaan adalah kunci dasar yang paling penting dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan pertemanan, pekerjaan, hingga hubungan asmara. Untuk mendapat kepercayaan dari seseorang memanglah tak semudah yang dibayangkan, butuh waktu, usaha, dan juga kesabaran. Tetapi sebaliknya, kehilangan kepercayaan dari seseorang itu sangatlah mudah.

Jika dalam suatu hubungan rasa saling percaya tak kuat, maka hubungan yang dijalani pun tak akan merasa nyaman, bahkan rentang sekali mengalami masalah bahkan berujung perpisahan. Oleh sebab itu, jika Sobat Holopis memutuskan untuk menjalin suatu hubungan dengan seseorang, maka kepercayaanlah yang menjadi aspek paling penting untuk terus dibangun dan dijaga agar hubungan kalian terus langgeng.

Lantas bagaimanakah cara membangun kepercayaan suatu hubungan?

Cara Membangun Kepercayaan Dalam Hubungan

Kepercayaan bukanlah suatu hal yang bisa muncul dengan sendirinya, melainkan harus dibangun dengan keyakinan yang sungguh-sungguh. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Sobat Holopis lakukan untuk membangun kepercayaan dalam hubungan kalian bersama pasangan menurut dr. Merry Dame Cristy Pane, antara lain:

  • Hindari Obral Janji

Jika Sobat Holopis dibohongin oleh pasangan kalian, pastinya akan merasa kecewa dan juga sedih. Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk membangun kepercayaan dalam suatu hubungan adalah dengan selalu menepati setiap perkataan atau janji yang sudah kalian ucapkan, dan hindarilah mengucapkan hal-hal yang sebenarnya tak kalian rasakan, tak bisa, atau bahkan tak ingin kalian lakukan.

Ayo siapa dari Sobat Holopis yang suka menjanjikan sesuatu sama pasangan kalian tapi tak pernah ditepati? Jika Sobat Holopis terus menepati setiap perkataan kalian, seiring dengan waktu pastinya pasangan kalian akan menganggap kalian sebagai orang yang bisa dipercaya.

  • Selalu Jujur Dengan Isi Hati Setiap Waktu

Jika Sobat Holopis ingin meningkatkan kepercayaan dalam hubungan, kalian harus coba berhenti mengatakan hal-hal yang tak mewakili perasaan kalian yang sebenarnya, dan cobalah untuk jujur terkait dengan isi hati kalian.

Lakukan apabila kalian memang menyukai hal itu, tetapi jangan ragu untuk menolak jika memang kalian tak menyukainya. Janganlah berbohong mengenai isi hati kalian, karena akibatnya hanya membuat diri kalian semakin tak nyaman dengan hubungan tersebut.

Apabila Sobat Holopis ingin membangun rasa kepercayaan antara pasangan, kalian berdua harus sama-sama berusaha untuk selalu jujur tentang semua hal. Jadi setiap hal yang kalian ucapkan pastinya itu benar, dan selalu ingat, sekecil apapun bentuk kebohongan, dapat menyebabkan kurangnya kepercayaan dalam hubungan kalian.

  • Terbukalah Tentang Kelemahan Masing-Masing

Penting untuk Sobat Holopis untuk tak menutupi apapun dari pasangan kalian, apabila kalian mencoba membohongi pasangan dengan alasan yang tak masuk akal dan dibiasakan, maka lama kelamaan pasangan kalian pun bisa tak mempercayai kalian lagi apapun yang keluar dari mulut kalian.

Apalagi disaat pasangan kalian mengetahui kebenarannya lewat orang lain, itu benar-benar bisa membuat kalian mengalami masalah besar dalam hubungan. Jadi lebih baik kalian jujur dari pada hubungan kalian berakhir cuma karena masalah tak jujur.

Ingatlah untuk selalu berani terbuka akan kelemahan dan juga kekurangan diri kalian, memang hal itu tak mudah untuk dilakukan. Namun, hal itu merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk membangun rasa percaya dalam hubungan kalian loh, karena disaat Sobat Holopis dan pasangan belum mengetahui kelemahan masing-masing, itu pertanda kalian berdua memiliki kesempatan yang sama untuk saling menyakiti atau mengecewakan.

  • Saling Menjaga Komunikasi

Setiap masalah yang Sobat Holopis hadapi, selalu bisa dikomunikasikan secara terbuka, agar kepercayaan dalam hubungan kalian bisa tetap terjaga.

Pasalnya, dengan komunikasi kalian baik, maka Sobat Holopis dan pasangan bisa mengetahui keinginan dan harapan masing-masing tanpa harus menebak, yang bisa membuat rasa saling percaya terus menghilang. Dengan begitu, kalian dan juga pasangan pun akan bisa lebih dekat, sehingga rasa percaya satu sama lain juga akan meningkat.

Jadi selalu ingat betapa pentingnya menjaga komunikasi antar pasangan, apapun masalahnya harus tetap mengkomunikasikan dengan pasangan kalian. Bila kalian menganggap itu hal yang tak penting atau sepele, sebaiknya tetap komunikasikan, karena bisa saja apa yang kalian anggap tak penting ternyata penting bagi pasangan kalian.

  • Saling Menghormati

Hal yang bisa merusak hubungan kalian dalam halnya kepercayaan adalah sikap meremehkan pasangan. Ketika hubungan kalian sudah semakin terjadi menuju serius, salah satu dari kalian pasti tanpa menyadari pernah memperlakukan pasangan kalian dengan sikap merendahkan.

Pastinya setiap kali kalian merendahkan atau tak menghormati pasangan kalian, maka dikit demi sedikit akan merusak hubungan kalian dan membuat pasangan kalian sulit untuk kembali mempercayai kalian. Salah satu kuncinya adalah selalu hargai hal- hal kecil yang dilakukan oleh pasangan terhadap kalian.

  • Perbaiki Kesalahan Kalian

Sobat Holopis pasti tahu bahwa taka da manusia yang luput dari kesalahan. Oleh karena itu, jika Sobat Holopis melakukan suatu kesalahan, sebaiknya mencoba untuk jujur dan akui keselahan tersebut, lalu usahakan untuk memperbaiki keselahan yang sudah kalian lakukan dengan tak mengulanginya di kemudian hari. Jadi, kepercayaan dalam hubungan kalian dengan pasangan bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

  • Jauhi Rasa Curiga Pada Pasangan

Sobat Holopis mau saling percaya tapi masih curigaan sama pasangan kalian? Sebaiknya curiga terhadap pasangan dibatas wajar ya Sobat Holopis, agar pasangan kalian bisa bertahan dalam menjaga hubungan.

Jika Sobat Holopis merasa ada yang tak beres dengan pasangan, sebaiknya kalian cari tahu terlebih dahulu kebenarannya, sebelum kalian mengeksekusikannya. Janganlah langsung mencurigai pasangan kalian, karena kalau itu terjadi dan ternyata apa yang kalian curigai tak benar, hanya membuat kalian malu sendirinya.

Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membangun sebuah kepercayaan dalam hubungan dengan pasangan kalian. Jika kalian memiliki masalah terhadap kepercayaan pada hubungan yang sepertinya tampak sulit sekali untuk diatasi, maka sebaiknya kalian berkonsultasilah dan meminta bantuan pada psikolog, agar bisa tertangani dengan cepat dan tak merugikan waktu kalian lebih lama.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru