Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kakorlantas Minta Polda Jawa Tengah Antisipasi Pemudik Libur Nataru

JATENG, HOLOPIS.COM – Korlantas Polri meminta agar Polda Jawa Tengah bersiap menghadapi para pemudik yang akan melintas di wilayah mereka selama periode libur Natal dan Tahun Baru.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan, daerah Jawa Tengah merupakan wilayah lintasan yang harus diantisipasi oleh pengendara yang akan kembali ke kampung halaman mereka masing masing.

“Daerah Jateng merupakan area tumpuan bagi masyarakat yang bergerak dari Jakarta ke Jawa Timur dan sebaliknya. Mereka berkumpul di Jateng untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan,” kata Firman, Sabtu (25/12).

Firman juga mengingatkan agar Polda bisa mengantisipasi lonjakan penumpang yang bisa berpotensi menimbulkan kerumunan. Oleh karena itu, dengan adanya posko pelayanan yang telah didirikan, diharapkan bisa dimaksimalkan fungsinya.

“Untuk itu saya meminta jajaran waspada, mengingat berkumpulnya masyarakat ini mengundang potensi penyebaran Covid-19 di rest area. Maka itu pos pelayanan di tol tidak hanya memberikan pengamanan dan pelayanan pada masyarakat saja, termasuk penegakan prokes. Tapi juga dilengkapi dengan gerai vaksinasi,” harapnya.

Firman kemudian juga mengakui bahwa dalam momen pengamanan Nataru kali ini adalah momentum bagi Polri.

“Momen pengamanan Nataru adalah momentum Polri untuk menunjukkan kinerjanya dalam melayani masyarakat. Untuk itu anggota harus siap dan jangan ada yang melanggar,” imbaunya.

Ditambahkan Firman, pihak kepolisian pun diharapkan bisa menjaga koordinasi dengan berbagai pihak untuk mengurai potensi kepadatan demi menghindari kerumunan.

“Harapannya Polda Jateng agar dapat menerapkan pengamanan secara terintegrasi di masing-masing pos pelayanan. Adapun pusat pengendalian pengamanan berada di Pos GT Pejagan Brebes dan Pos Kalikangkung, Semarang,” tambahnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru