Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Sobat Holopis Punya Masalah Pada Rambut? Ini Tips Pembuatan Masker Rambut Dari Buah ALpukat

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sobat Holopis tahu tidak, kalau buah alpukat itu mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut kita loh. Kalian bisa memperoleh manfaat buah alpukat untuk kesehatan rambut dengan berbagai cara, seperti mengonsumsinya, mengoleskan minyak alpukat, atau menggunakan masker untuk rambut.

Manfaat buah alpukat ada banyak berkat kandungan antioksidan dan juga nutrisi yang cukup tinggi, seperti lemak sehat, vitamin C, vitamin E, biotin, protein, folat, dan zinc. Nutrisi inilah yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut kita.

Lantas apa saja manfaat buah alpukat terhadap kesehatan rambut?

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Rambut

Berbagai macam manfaat buah alpukat untuk rambut berasal dari berbagai kandungan nutrisi, seperti asam lemak, esensial, biotin, antioksidan, berbagai macam vitamin, dan juga berbagai macam mineral lainnya. Berikut ini manfaat alpukat untuk kesehatan rambut menurut dr. Reni Utari yang bisa membuat rambut kita sehat, anatara lain:

  • Melembabkan Rambut

Buah alpukat mengandung banyak minyak alami dan lemak yang sehat termasuk asam oleat yang dipercaya dapat menjaga kelembaban rambut, lalu manfaat buah alpukat juga untuk mengatasi dan mencegah masalah rambut kering.

Asam lemak yang baik dapat membantu melembabkan dan juga menutrisi rambut kalian. Menariknya adalah rambut ini bisa dinikmati oleh semua jenis rambut, tetapi rambut kering dan juga rambut yang berdehidrasi biasanya akan lebih memperoleh efek yang lembab dari buah tersebut.

  • Menyehatkan Kulit Rambut

Buah alpukat juga bermanfaat menyehatkan kulit kepala, karena vitamin yang terkandung dalam buah ini berpotensi memperkaya kulit kepala dan membuat rambut kalian tampak lebih sehat, berkilau, dan juga lebih terhidrasi dengan baik.

Pada jenis vitamin yang ditawarkan oleh buah ini adalah biotin atau vitamin B7.

  • Mengilaukan Rambut

Buah alpukat menghasilkan minyak yang berguna untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau. Ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa kandungan mineral, seperti kalium, magnesium dipercaya mampu membantu menutup celah-celah sel kutikula. Jadi, jika Sobat Holopis menggunakan minyak dari buah ini, diyakini rambut kalian akan menjadi lembut, bersinar/berkilau, dan juga tak mudah patah.

  • Mecegah dan Mengatasi Kerontokan

Jika Sobat Holopis mempunyai rambut yang kering dan juga rapuh, pastinya akan menyebabkan kerontokan, maka disarankan untuk mengoleskan minyak alpukat untuk menjadikan rambut kalian lebih lembut saat disisir atau saat diikat.

Namun, mengoleskan minyak alpukat tak akan membuat semua masalah rambut teratasi, tetapi cara ini bisa membantu kalian mencegah kerusakan lebih jauh dengan memberikan kelembaban pada setiap helaian rambut.

  • Menebalkan Rambut

Tak hanya mengatasi kerontokan saja, buah alpukat juga bermanfaat untuk menebalkan rambut kalian, berkat kandungan folat, protein, antioksidan, dan juga lemak sehat yang baik untuk merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat.

Buah alpukat juga mengandung vitamin C yang mampu merangsang pembentukan kolagen. Protein inilah yang berperan penting dalam pembentukan jaringan kulit dan rambut sehingga kalian bisa membuat rambut menjadi lebih tebal.

  • Mengurangi Ketombe

Tak hanya untuk menebalkan rambut saja, buah alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe pada rambut kalian. Jika kulit kepala kalian lembab, maka akan membuat rambut kalian jauh lebih sehat.

Oleh karena itu, ketika kulit kepala kalian lebih cenderung kering, maka cobalah untuk memijat permukaan kulit kepala kalian menggunakan minyak alpukat sebelum keramas agar membantu melembabkan. Selain itu juga, oleskan minyak alpukat ke kulit kepala kalian untuk mengurangi ketombe.

  • Mengatasi Rambut Kusut

Jika kalian mengoleskan minyak alpukat ke rambut, maka rambut kalian bisa terlindungi dari kerusakan lingkungan. Selain itu juga, minyak alpukat bisa kalian gunakan saat keramas, langkah ini juga bisa kalian gunkaan sebelum berenenang atau sebelum berjemur. Setelah usai berenang atau berjemur, segeralah bilas rambut kalian yang sudah diaplikasikan dengan minyak alpukat dengan air bersih agar tak ada klorin yang terendap atau air laut yang menempel, sehingga rambut kalian tak menjadi kering.

Itulah manfaat yang terdapat dari buah alpukat, lalu bagaimanakah cara membuat masker berbahan dasar alpukat? Simak dibawah ini.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru