Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Produsen Vaksin Berlomba Jadi yang Paling Ampuh Lawan Omicron

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Podusen vaksin di dunia saat ini saling berlomba untuk membuktikan vaksin buatan siapa yang paling ampuh melawan Covid-19 varian Omicron. Varian pertama kali diidentifikasi pada bulan lalu di Afrika Selatan dan Hongkong.

Perlu diketahui, infeksi virus corona varian Omicron ini mengalami lonjakan kasus di sebagian besar negara di dunia. Hal ini memicu kekhawatiran dunia dan membuat para produsen berlomba untuk membuat vaksin yang ampuh melawan varian Omicron ini.

Belasan negara yang sudah mengumumkan untuk menutup pintu penerbangan dari Afrika Selatan setelah penemuan varian baru covid-19, Omicron. (AP Photo/Jerome Delay).
Belasan negara yang sudah mengumumkan untuk menutup pintu penerbangan dari Afrika Selatan setelah penemuan varian baru covid-19, Omicron. (AP Photo/Jerome Delay).

Salah satu Produsen itu yakni AstraZeneca. Dengan berbekal penelitian dari laboratorium Oxford University, produsen vaksin yang terdaftar di London itu mengklaim bahwa vaksin booster buatannya terbukti ampuh melawan Omicron.

Studi pra-cetak itu menunjukkan tingkat antibodi setelah suntikan booster lebih tinggi daripada antibodi orang yang telah terinfeksi dan pulih secara alami dari COVID-19.

Tak hanya itu, Produsen vaksin Novovax juga mengklaim data awal menunjukkan bahwa vaksin buatannya menghasilkan respon kekebalan terhadap Omicron. Respon tersebut dapat diperoleh hanya dengan dosis kedua vaksin Novovax.

Seperti diketahui, studi awal menunjukkan varian Omicron lebih kebal terhadap vaksin yang dikembangkan sebelum varian itu muncul. Akan tetapi peningkatan rawat inap dan kematian di Inggris sejak Omicron mewabah tidak mengalami peningkatan yang signifikan, Produsen Vaksin Berlomba Jadi yang Paling Ampuh Lawan Omicron.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru