JAKARTA, HOLOPIS.COM Apakah Sobat Holopis termasuk orang yang suka memikirkan sesuatu secara berlebihan? Kalau iya berarti Sobat Holopis termasuk orang yang suka overthinking. Sikap seperti ini mungkin baik karena kalian memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi sebelum bertindak, tetapi di lain sisi sikap ini juga dapat merugikan kalian loh.

Namun, Sobat Holopis jangan sampai salah mengartikan dengan sifat pemikir ya, orang yang memiliki sifat pemikir cenderung memikirkan hal-hal yang memang dia perlu pikirkan, tetapi orang yang suka overthinking biasanya lebih suka menghabiskan waktu untuk memikirkan hal sepele atau yang belum tentu bermanfaat.

Apa yang jadi alasan overthinking itu merugikan?

Overthinking akan membuat kalian terlalu lama untuk memikirkan suatu hal, sehingga tenaga kalian akan terkurang habis dan tindakannya tak akan banyak yang bisa dilakukan. Hasilnya akan membuat waktu kalian jadi terbuang sia-sia.

Pada akhirnya, overthinking akan menyebabkan kalian mengalami kecemasan dan kehilangan rasa damai dalam diri kalian. Kondisi inilah yang bisa memicu Sobat Holopis mengalami stres berlebihan sehingga meningkatkan risiko gangguan jiwa.

Lalu bagaimana cara mengatasi sikap overthinking?

Cara Mengatasi Overthinking

Sobat Holopis sering kepikiran tentang sesuatu sehingga kalian tak merasan nyaman. Kalian hanya perlu membatasi diri untuk melangkah kedepan, dan cobalah untuk berhenti overthinking.

Berikut ini cara jitu mengatasi overthinking menurut dr. Tania Savitri yang bisa Sobat Holopis ikuti, antara lain:

  • Cari Pemicu Overthinking

Overthinking akan membuat kalian melakukan pemikiran berulang-ulang pada masalah, yang terkadang tidak berorientasi dengan pemecahan masalah. Bukannya memberikan efek baik untuk diri kalian, malah akan membuat diri kalian menjadi sulit untuk mengambil keputusan.

Pada beberapa orang, overthinking muncul saat menghadapi masalah-masalah tertentu, karena dipicu dengan sikap yang berlebihan dalam berpikir. Hal ini lah yang harus kalian cari tau, agar kalian lebih bisa berhati-hati sehingga bisa membatasi diri kalian untuk tak overthinking pada masalah tersebut.

Lalu gunakan pemicu dari sikap ini untuk meningkatkan kesadaran diri kalian. Sobat Holopis mungkin perlu merenungkan masalah atau situasi seperti apa yang mempengaruhi suasana hati dan membuat kalian jadi berpikir lebih banyak, setelah itu cobalah buat catatan sebagai pengingat diri bahwa kalian harus lebih waspada untuk tak overthinking ketika mengalami situasi yang sama di kemudian hari.

  • Alihkan Diri Dari Pemicu Overthinking

Jika kalian mengalami overthinking, cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengalihkan otak pada tugas-tugas lain yang tak memusingkan, atau kalian bisa melakukan hal yang bisa bikin kalian senang. Tujuannya agar otak kalian tidak berfokus pada pemicu tersebut, yang nantinya bisa membuat kalian berdiam diri dari overthinking.

Cobalah kalian menghentikan pemikiran berlebihan tersebut dengan melakukan aktivitas yang membuat kalian menjadi senang, mungkin dengan menulis, pergi dengan teman-teman, ataupun meditasi.