Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pindad Lakukan Uji Ledak Anoa-2 6×6 Pakai TNT 8 Kilogram

Kegiatan yang susah diinisiasi sejak 3 tahun lalu ini, diapresiasi Mewakili Kabidlaik Darat Puslaik Kemhan, Kolonel Andi Sugiarto. Menurutnya, kegiatan ini sangat luar biasa.

“Kami dari team kelaikan Kementerian Pertahanan hadir menyaksikan tahapan terakhir dari uji. Saya secara pribadi bersyukur karena 3 tahun yang lalu saya diundang dan dibuktikan hingga titik ini, menurut kami sangat luar biasa,” kata Kolonel Andi Sugiarto.

Kolonel Andi pun berharap, kegiatan ini bisa melindungi personel dari mine blasting sehingga aman.

“Mudah-mudahan kegiatan yang dilakukan hari ini sesuai dengan harapan sehingga dapat benar-benar melindungi personel dari mine blasting sehingga aman dan kami dari puslaik dapat menerbitkan sertifikat tipe dan dilanjutkan First Article yang mana artinya produk ini sudah teruji dan sudah diakui oleh Kementerian Pertahanan RI,” katanya.

Adapun spesifikasi mock-up ranpur Anoa-2 6×6 yang digunakan pada uji ledak mengacu pada spesifikasi teknik produk existing Anoa-2 saat ini. Kendaraan tempur ini memiliki berat 14,5 ton, dimensi panjang 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 2,150 meter serta terpasang ban runflat (tipe donat).

Mock up juga dilengkapi V-shape baja pelindung tambahan ranpur Anoa-2 6×6 yang memiliki berat sekitar 160 Kg.

Pindad sendiri sebelumnya telah melakukan uji ledak ranjau terhadap kendaraan medium tank Harimau pada Juli 2018 lalu. Dengan uji ledak kali ini, diharapkan perlindungan terhadap ledakan terutama proteksi ranjau dapat diterapkan di kendaraan tempur Anoa 2 6×6.

Hasil uji ledak kendaraan tempur Anoa 2 6×6 akan menjadi evaluasi dan pengembangan ke depan untuk perlindungan peledakan pada berbagai produk Kendaraan Khusus PT Pindad (Persero).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru