JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjalin kerjasama dengan negara Perancis untuk pengadaan alutsista Kapal Selam.

Kerjasama itu terjalin dalam kunjungan kenegaraan yang dilakukan Duta Besar (Dubes) Perancis untuk Indonesia, H.E. Mr. Olivier Chambard dan Tim Naval dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di kantor Kemhan.

“Untuk memperkuat alusita kita, Indonesia memesan kapal selam kelas Riachuelo yang dibuat oleh perusahaan galangan kapal asal Prancis Naval Group,” kata Prabowo, Jumat (10/12).

Kapal selam kelas Riachuelo ini, merupakan modifikasi dari kelas Scorpene. Selain dari Perancis, rencana kerjasama pengadaan Kapal Selam ini juga pernah akan dilakukan Menhan Prabowo dengan Korea Selatan.

Usai peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala 402, Prabowo mengungkapkan bahwa pihaknya sedang menguji coba 3 kapal selam buatan Korea Selatan.

Sementara itu, kerjasama Menhan Prabowo dengan Perancis ini sudah kesekian kalinya berlangsung. Prabowo diketahui juga pernah menandatangani persetujuan kerja sama pertahanan atau Defence Cooperation Agreement (DCA) dengan Menhan Perancis Florence Parly.

Beberapa bidang kerja sama yang akan menjadi fokus antara lain, pendidikan dan pelatihan militer, ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang industri pertahanan, kerja sama pasukan pemeliharaan perdamaian, dan pemberantasan terorisme, dan pengembangan dan penelitian industri pertahanan termasuk produksi bersama.