JAKARTA, HOLOPIS.COM – Polri mengungkapkan bahwa mereka akan melakukan upaya antisipatif untuk mengamankan jalannya ulangtahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan pihaknya tetap mengedepankan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Tentu Polri akan jaga situasi Kamtibmas. upaya-upaya yang dilakukan upaya preemtif, melakukan upaya pencegahan,” kata Ahmad, (1/12).

Ahmad menjelaskan, tidak akan ada upaya pelarangan kegiatan OPM tersebut di bumi cenderawasih. Jajaran Polri melakukan hanya menggunakan upaya preemtif atau pencegahan agar situasi kamtibmas Papua tetap aman terkendali.

“Pada prinsipnya kami jaga situasi kamtibmas aman dan terkendali,” imbuhnya.

Satgas Nemangkawi yang bertugas melakukan pengamanan wilayah Bumi Cenderawasih dari gangguan keamanan KKB menyatakan tak akan mempertebal pasukan yang dikerahkan untuk mengantisipasi gangguan selama perayaan berlangsung di hari ini.

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri mengaku pihaknya mengelar cipta kondisi dengan menggandeng tokoh masyarakat saat 1 Desember. Ia mengatakan cipta kondisi agar umat Kristiani dapat mempersiapkan diri menyambut Natal yang diawali dengan Minggu Advent.

Pihak kepolisian juga melarang penjualan minuman keras atau minuman beralkohol karena gangguan kamtibmas sering berawal dari miras.

“Mudah-mudahan masyarakat tidak terpancing melakukan hal-hal yang tidak diinginkan hingga dapat mengganggu kamtibmas,” harapnya.

Informasi yang beredar di media sosial, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) berencana mengibarkan Bendera Bintang Kejora dalam rangka HUT OPM.