Bikin Rileks, Ini Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Lainnya :

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Olahraga Yoga belakangan ini cukup digemari untuk dilakukan. Meskipun lebih sering dikenal sebagai olahraga meditasi, manfaat yoga tidak hanya baik untuk kesehatan mental dan jiwa, tapi juga kesehatan fisik lainnya.

Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres atau depresi dalam pikiran.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan dengan melakukan yoga:

1. Sarana Relaksasi

Biasanya olahraga juga diiringi dengan musim bertempo lambat yang membuat pikiran semakin tenang. Di samping itu, gerakan-gerakan yoga bersifat meregangkan otot-otot yang kaku. Nah, kedua hal inilah yang bisa merelaksasi tubuh dan pikiran.

Sejumlah riset telah membuktikan bahwa yoga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Berlatih yoga juga mampu memperbaiki mood, terlebih di beberapa hari menjelang menstruasi yang terkadang membuat wanita lebih sensitif dari biasanya.

2. Mengurangi stres

Hampir semua jenis olahraga dapat membantu seseorang dalam mengatasi stres, begitu juga dengan yoga. Hal ini karena saat melakukan yoga, hormon kortisol yang diproduksi tubuh saat mengalami stres akan berkurang.

Studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur.

3. Tingkatkan Gairah Hubungan Intim

Bagi yang sudah menikah, yoga juga mampu meningkatkan performa berhubungan intim dengan pasangan. Dalam buku Natural Sex Boosters dikatakan, adanya peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh karena beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah berhubungan intim.

4. Baik untuk penderita sakit jantung

Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat meringankan beban kerja di jantung.

Studi menunjukkan, di samping pengobatan yang medis, pasien gagal jantung yang berlatih yoga mengalami peningkatan kesehatan jantung dan peningkatan kualitas hidup dibandingkan dengan pasien yang tidak melakukan yoga secara rutin.

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuatnya jauh lebih aktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh akan tebentuk lebih ideal dengan sendirinya. Nah, postur tubuh yang bisa meningkatkan rasa percaya diri wanita.

Tak hanya itu saja, yoga juga membantu tubuh menjadi lebih peka. Misalnya, ketika dirimu duduk dalam postru membungkuk, secara spontan atau tidak sadar, tubuh akan segera merubah ke posisi yang benar.

Temukan kami di Google News. Kamu juga bisa dapatkan berita menarik dari WhatApp Channel Holopis.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029

Berita Terbaru

Hati-hati, Ini Dampak Buruk Sering Tidur Setelah Tengah Malam

Bukan hanya durasi tidur yang cukup, tubuh juga harus dibiasakan beristirahat di waktu yang tepat. Apa saja sih risiko kesehatan yang didapatkan jika tidur di atas jam 12 malam?

TERPOPULER

Rekomendasi :