JAKARTA, HOLOPIS.COM – Dalam periode 19-25 November 2021 Pusat Gempa Regional (PGR) I, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan, mencatat wilayah Aceh dan Sumatera Utara atau Aceh-Sumut, diguncang 31 kali gempa bumi.

Gempa tersebut terjadi, sebagian besar di sekitar Megathrust. “Sebagian lagi akibat zona segmen besar Sumatera,” ujar Marzuki Sinambela, Peneliti PGR I BBMKG Wilayah I, Sabtu (27/11).

Secara rinci Marzuki menjelaskan, sebanyak 18 kejadian gempa terjadi di laut dan 13 gempa lainnya terjadi di darat. Untuk kedalaman, gempa dangkal (di bawah 60 Km) terjadi sebanyak 26 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 5 kejadian.

Dalam kesempatan yang sama, Staf analisa PGR 1 BBMKG Wilayah I Medan, Lewi Ristiyono menjelaskan magnitudo gempa yang terjadi dalam sepekan terakhir bervariasi, yakni 29 dengan magnitudo dibawah 4.0, dan dua gempa terjadi Magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0.

“Dari hasil catatan, dari 31 gempa yang terjadi di Sumut dan Aceh, hanya satu gempa yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat yakni yang terjadi di Karo,” katanya.

Untuk itu masyarakat di wilayah tersebut untuk tetap waspada, dan jangan panik jika terjadi gempa dan tetap merespon dengan cepat informasi BMKG, menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemik.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.