Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tinggi Antioksidan, Ini 5 Jenis Buah Berry yang Baik Bagi Kesehatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Macam-macam buah berry dengan warna menarik dan rasa yang menggugah, memiliki banyak menfaat, terutama untuk kesehaltan tubuh dan kecantikan. Selain memiliki warna dan rasa yang unik, hampir semua buah berry kaya vitamin dan antioksidan.

Berikut Jenis dan manfaat dari bua berry untuk kesehatan:

1. Raspberry

Raspberry memang bukan jenis buah beri asli tanah air. Akan tetapi, kehadiran buah ini mulai banyak diminati oleh masyarakat semenjak berkembangnya tren makanan dari negara-negara barat.

Buah berry yang satu ini paling sering muncul saat musim panas. Karena itulah, raspberry cenderung tidak tahan lama dibandingkan jenis buah beri lainnya, sehingga harus segera dimakan atau diolah menjadi hidangan manis tertentu.

Dilihat dari kandungan gizinya, makan 100 gram raspberry dapat memenuhi 25 persen kalsium, 5 persen magnesium, dan 43 persen vitamin C dari kebutuhan harian Anda. Selain itu, kandungan kalorinya pun tidak terlalu tinggi, yaitu hanya 64 kalori untuk setiap 230 gramnya. Jadi, Anda tak perlu takut berat badan naik setelah makan banyak raspberry.

2. Blackberry

Blackberry tampak seperti raspberry yang berwarna hitam dengan ukuran yang lebih besar. Namun siapa sangka, rasa buah beri yang satu ini cenderung lebih pahit dan tajam dibandingkan dengan buah raspberry.

Blackberry mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh, di antaranya kalsium, kalium, dan vitamin C. Selain itu, setiap 230 gram blakcberry mengandung 7 gram serat dan 60 kalori. Artinya, makan blackberry akan membuat Anda kenyang lebih lama tanpa harus takut kalap makan saat waktu makan tiba.

Blackberry mengandung polifenol, suatu bahan kimia yang dapat membantu mengurangi peradangan serta menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Serat yang terdapat dalam buah blackberry dapat membantu sistem pencernaan Anda untuk memecah gula dengan baik.

3. Stroberi

Jenis buah berry yang sudah tidak asing dan cukup mudah ditemukan pertama, yaitu stroberi. Berry yang identik dengan warna merah ini kaya akan vitamin C. Selain itu, stroberi juga memiliki asam folat, serat, dan antioksidan.

Adanya kandungan tersebut di dalam buah stroberi, menjadikan stroberi sebagai berry yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, membantu mengelola gula darah, dan melawan efek penuaan pada otak.

Perlu diketahui bahwa, kandungan gula di dalam stroberi memang tinggi, namun buah berry ini termasuk ke dalam makanan yang memiliki indeks glikemik rendah, yakni sebesar 40. Nah, rendahnya kadar glikemik pada makanan membuatnya menjadi lambat dicerna sehingga peredarannya di dalam darah sebagai glukosa akan melambat.

4. Blueberry

Blueberry paling sering masuk ke dalam daftar makanan super daripada jenis buah beri lainnya. Ini karena blueberry mengandung kaya antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Tak hanya itu, manfaat blueberry juga tak perlu diragukan karena mengandung banyak nutrisi penting. Setiap 100 gram blueberry mengandung 84 kalori dan 4 gram serat. Dalam takaran yang sama, Anda bisa mendapatkan vitamin C sebanyak 24 persen dari kebutuhan harian, vitamin K sebanyak 36 persen, dan mangan sebanyak 25 persen.

Bagi Anda yang punya diabetes, buah blueberry bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, blueberry mengandung kadar gula yang rendah dibandingkan jenis buah beri lainnya. Dengan demikian, gula darah Anda tak akan cepat naik dan justru menyehatkan jantung.

5. Blackcurrant

Anda mungkin jarang menemukan blackcurrant yang masih segar, sebab biasanya blackcurrant yang ada di pasaran tersedia dalam bentuk yang sudah dikeringkan. Walau demikian, blackcurrant menjadi salah satu jenis buah beri yang kaya nutrisi, lho!

Blackcurrant mengandung tinggi kalium, kalsium, vitamin C, dan serat. Kandungan kalorinya pun tak jauh berbeda dengan raspberry, yaitu 60 kalori untuk setiap 230 gram blackcurrant.

Selain itu, blackcurrant bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, meredakan sakit tenggorokan, dan gejala flu lantaran banyak mengandung antioksidan dan antosianin.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru