JATENG, HOLOPIS.COM – Empat warga yang sedang berada di Kabupaten Banjarnegara meninggal dunia akibat bencana tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (19/11).

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari hanya mengatakan ada korban meninggal dan tidak menjelaskan identitas dan penyebab meninggal korban

“Mengakibatkan empat warganya meninggal dunia. Satu warga mengalami luka-luka dan tiga lainnya mengungsi,” kata Abdul dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/11).

Abdul kemudian hanya menjelaskan semua warga yang meninggal dunia telah berhasil dievakuasi tim gabungan. Untuk warga yang selamat, lanjut Abdul, mengungsi sementara di Kantor Kecamatan Pagentan.

“Selain korban jiwa, tanah longsor berdampak pada kerusakan dua rumah warga. Kejadian tersebut berlangsung di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara,” imbuhnya.

Sementara itu, cuaca pagi ini di lokasi erpantau mendung, berdasarkan prakiraan cuaca pada hari ini, wilayah Kecamatan Pagentan berpeluang hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hal serupa juga berpeluang pada esok hari.

“Tanah longsor terjadi setelah hujan lebat yang disertai angin mengguyur wilayah Banjarnegara pada Jumat Malam. BPBD Kabupaten Banjarnegara melaporkan kondisi hujan menyebabkan tebing setinggi 25 meter longsor dan menimpa dua rumah warga yang berada di bawahnya,” pungkasnya.