JAKARTA, HOLOPIS.COM – Banjir telah merendam tiga daerah di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan pada Kamis (11/11). Daerah itu yakni Kecamatan Cempaka, Kecamatan Banjarbaru, dan Kecamatan Landasan Ulin.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, mengungkapkan tim telah diturunkan untuk melakukan pendataan dan kajian cepat kondisi dilapangan.

“Tim sudah dikerahkan untuk melakukan pendataan kondisi lapangan,” ungkap Abdul dalam keterangan tertulis, Jumat (12/11).

Pendataan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya potensi banjir susulan.

Tim masih terus melakukan evakuasi warga ke tempat aman, mengingat kondisi dilokasi saat ini masih hujan berintensitas ringan.

Menurut Abdul antisipasi dampak fenomena La Nina yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia harus dilakukan dengan bijak.

Hal yang paling penting untuk mengantisipasi dampak itu adalah pengembalian fungsi lahan, dan upaya pencegahan deforestasi atau pengundulan hutan secara besar-besaran.

Pencegahan deforestasi harus tetap dilakukan agar fungsi lahan maupun hutan dapat dikembalikan fungsinya sebagai daerah penyerapan air yang lebih optimal.